Perlu Perda Transportasi Lokal di Kabupaten Sambas

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Anggota DPRD kabupaten Sambas Ivandri, menilai perlu adanya Peraturan daerah (Perda) yang mengatur tentang perencanaan transportasi lokal.

Menurutnya perda tersebut tentu tetap mengacu kepada perencanaan transportasi nasional, dan juga berguna untuk pembangunan infastruktur. Dikemukakan olehnya transportasi merupakan urat nadi kehidupan ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan politik.

Perda perencanaan transportasi menurut Ivandri diperlukan, karena menyangkut kepentingan seluruh masyarakat serta kepentingan pembangunan.

“Perencanaan menjadi penting karena menyangkut pembangunan infrastruktur yang berhubungan dengan transportasi udara, darat dan laut. Begitu juga pembangunan infrastruktur seperti jalan, nantinya harus juga mengacu kepada perda perencanaan tersebut,” jelas Ivandri, Jumat (23/9).

Anggota komisi B DPRD kabupaten Sambas ini menjelaskan tataran transportasi nasional (Tatranas) ditetapkan oleh pemerintah pusat, sedangkan tataran transportasi wilayah (Tatrawil) ditetapkan oleh provinsi.

“Sementara untuk kita di kabupaten menetapkan tataran transportasi lokal (Tatralok), sesuai dengan Tatralok ini, perda tentang perencanaan transportasi dikabupaten Sambas diperlukan untuk pembangunan,” katanya.

Ia menegaskan kabupaten Sambas dengan luas wilayah yang cukup luas, perlu penataan transportasi dalam mendukung pembangunan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah.

“Perda perencanaan transportasi, itu salah satunya untuk membangun Sambas,” ucapnya.

(Gindra/dd)

Related Posts