Sambas Mulai Berlakukan Jadwal Pembuangan Sampah

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Kepala bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas PU, Cipta Karya dan Tata Ruang dan Perumahan Kabupaten Sambas Imelda mengatakan dalam rangka melakukan penataan keindahan dan kebersihan. Pemkab Sambas mulai memberlakukan jadwal membuang sampah.

Menurut Imelda masyarakat hanya diperbolehkan membuang sampah dimulai pada pukul 16.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Selain itu, saat ini pihaknya juga menutup tiga Tempat Pembuangan Sementara (TPS) diantaraya TPS di Desa Tumuk, Terminal Sambas dan TPS di depan Mapolsek Sambas.

“Ke depan nanti kita tidak akan lagi mengggunakan TPS open lagi, dan akan diganti dengan bak kontainer. Sehingga nanti tidak ada lagi sampah bermalam di TPS karena langsung masuk armada dan diangkut,” ujar Imelda Senin (26/9).

Imelda menjelaskan, saat ini jumlah TPS di Kecamatan Sambas terdapat 16 unit. Dari jumlah tersebut dalam program jangka panjang akan dipangkas menjadi 10 unit dan digantikan dengan bak kontainer. Sehingga pada siang hari tidak ada lagi sampah yang berada di TPS terutama di jalan utama.

“Dari 10 titik tersebut nanti petugas kita yang akan mengakutnya setiap hari,” ujarnya

Kendati demikian, saat ini pihaknya akan intensif melakukan pengawasan pada tiga titik TPS yang telah ditutup. Pihaknya juga telah berkoordinasi dan melibatkan petugas Pol PP untuk melakukan pengawasan terhadap titik tersebut.

Dikatakan oleh Imelda kemungkinan pekan depan akan juga mulai menutup TPS di depan Kompi di Rambi. Pada pukul 16.00 WIB hingga 22.00 WIB katanya akan ada petugas yang akan stanby untuk mengangkut sampah.

(Gindra/dd)

Related Posts