September, Polda Kalbar Gagalkan Tiga Kasus Perdagangan Manusia

Pontianak, thetanjungpuratimes.com-Kepala Bidang Humas Polda Kalbar, Komisaris Besar Polisi Suhadi SW, mengungkapkan, selama bulan September tahun 2016, sudah ada tiga kasus human trafficking atau perdagangan manusia yang berhasil digagalkan jajaran Polda Kalbar.

“Selama bulan September ini saja, sudah tiga kali Polres dan jajaran Polda Kalbar menggagalkan Human Trafficking in person,” katanya di Pontianak, Minggu (4/9/2016).

Dipaparkannya, ketiga kasus tersebut yaitu Polsek Selatan Polresta Pontianak dengan calon Korban dari Sukabumi, kemudian di Entikong tanggal satu September pihak kepolisian Polres Sanggau menggagalkan kejahatan Human Trafficking In person dengan calon Korban 12 orang berasal dari Nusa Tenggara Barat, dan terakhir Polres Sambas juga menggagalkan kasus yang sama dengan korban sebanyak 10 orang.

Ia mengingatkan kepada warga masyarakat Kalbar, supaya tidak mudah terbujuk rayu, dengan diiming-imingi gaji yang besar, dipekerjakan di restoran dan sebagainya.

“Kesemuanya itu hanya tipu daya para pelaku, agar para korban mengikutinya,” ujarnya.

Menurutnya, tidak sedikit warga Indonesia yang menjadi korban Trafficking in person, karena selain faktor ekonomi, pendidikan yang rendah dan tidak memiliki keahlian, sehingga mereka (korban) dieksploitasi di negara tujuan.

(Agustiandi/Muhammad)

Related Posts