Arpusda Gelar Sayembara Tentang “Melawi Tempoe Doeloe”

Melawi, thetanjungpuratimes.com – Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Melawi, menggelar sayembara dengan tentang Kabupaten Melawi tempoe doeloe.

Yang mana pendaftaran peserta telah dibuka pada 24 Agustus lalu, hingga 30 September di kantor Arpusda Melawi.

Kepala Kantor Arpusda Melawi, Kartiman Selasa (27/9) mengungkapkan, peserta lomba, terdiri dari kategori umum, dan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah, (SKPD), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Temanya tentang arsip Kabupaten Melawi tempo dulu di instansi masing-masing .

Sementata kriteria lomba, meliputi membuat kliping arsip Kabupaten Melawi tempo dulu atau membuat album foto Kabupaten Melawi tempo dulu.

“Karya pemenang sayembara akan ditampilkan dalam pameran arsip l Melawi tempo dulu,” katanya saat ditemui.

Kartiman menuturkan, kegiatan tersebut sebagai bentuk menyerukan kampanye penyelamatan arsip daerah Kabupaten Melawi yang bernilai historis.

“Ini merupakan tujuan kita menggelar sayembara Arsip Kabupaten Melawi tempoe doloe. Pendaftaran dimulai 24 Agustus hingga 30 September,” ungkapnya.

Menurut Kartiman penyelamatan arsip daerah yang bersifat statis ini, penting dan dapat dibutuhkan sewaktu-waktu. Misalnya berkaitan dengan persoalan hukum.

“Jadi selain bernilai sejarah pelestarian sejarah Melawi, kemudian ada nilai hukum, yang sewaktu-waktu bisa dibutuhkan,”ujarnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat umum untuk berpartisipasi terutama yang mungkin memegang arsip daerah Kabupaten Melawi tempo dulu. Pihaknya juga telah menyurati setiap SKPD agar wajib mengikuti sayembara ini.

“Jadi misalnya Dinas Perdagangam menampilkan pembagunan pasar tempo dulu. Ini tentu berbeda dengan pembangunan saat ini, begitu juga dinas lain,” pungkasnya.

(Edi/dd)

Related Posts