Kebutuhan Darah di Sanggau 100-150 Kantong per Bulan

Sanggau, thetanjungpuratimes.com – Kepala Markas PMI Kabupaten Sanggau, FX Suparman menjelaskan kebutuhan darah di Kabupaten Sanggau berkisar pada 100-150 kantong per bulan.

Kata dia, Kabupaten Sanggau saat ini telah memiliki PMI yang dilengkapi dengan fasilitas bank penyimpanan darah agar mampu bertahan hingga beberapa saat lamanya.

“Untuk memenuhi kebutuhan darah itu, kita dari pihak PMI terus melakukan penjajakan kerjasama dengan pihak-pihak lain, mulai dari pelajar, guru, PNS dan juga instansi-instansi swasta untuk membudayakan donor darah,” ujarnya di Sanggau, Rabu (28/9).

Oleh sebab itu lanjutnya, sosialisasi dan penyuluhan terus dilakukan kepada masyarakat dalam banyak kesempatan. Kemudian juga menggelar acara-acara yang dirangkai dengan aksi donor darah.

“Yang kita sampaikan kepada masyarakat adalah terkait pentingnya donor darah. Bukan hanya bermanfaat untuk menolong sesama, namun juga bermanfaat bagi kesehatan pribadi. Berdonor darah secara rutin, setidaknya dua kali dalam setahun, akan menjadikan tubuh sehat,” ujarnya.

Keuntungan lain, tambah Parman, dengan berdonor darah, maka akan dilakukan pula pemeriksaan terhadap darah yang bisa menggambarkan potensi-potensi penyakit yang diderita dari seorang pendonor melalui pemeriksaan laboratorium.

“Karenanya, memang perlu dipahami dan diupayakan untuk menjadikan donor darah sebagai budaya, atau membudayakan donor darah dan mendonordarahkan masyarakat sebagai budaya,” ungkap dia.

Dijelaskan, semakin banyaknya kepedulian dan keterlibatan masyarakat dalam donor darah, maka akan semakin baik. Karena ketersediaan darah di PMI sangat penting artinya bagi pasien-pasien darurat yang membutuhkan darah segera.

Di samping itu, penyampaian informasi tentang donor darah ini di sekolah-sekolah sejak dini juga sangat penting. Sehingga, pelajar dan generasi muda memahami benar pentingnya donor darah bagi kesehatan dan bagi kemanusiaan.

(Muhammad/Dd)

 

Related Posts