Atbah Ajak Kader Karang Taruna Aktif Membangun Sambas

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili mengajak seluruh pengurus dan anggota karang taruna Kabupaten Sambas untuk aktif membangun Sambas.

Penegasan tersebut disampaikan Bupati Sambas melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Juliansyah pada acara pelatihan manajemen organisasi bagi kader inti karang taruna sekabupaten Sambas di Balairung Sari Pendopo Bupati, Jum’at (30/9).

Membacakan Sambutan Bupati Sambas, Juliansyah menegaskan Karang Taruna adalah tenaga penggerak pembangunan kesejahteraan sosial. Karang taruna dikatakan punya peranan besar membangun masyarakat.

“Eksistensi Karang Taruna harus bisa meningkatkan potensi dan peran aktifnya dengan berkoordinasi, kolaborasi, komunikasi dan kerjasama antara Karang Taruna, dengan kata lain, koordinasi konstruktif dengan pemerintah daerah,” ujar dia.

Karang taruna tegas dia adalah potensi dan sumber kesejahteraan sosial yang bergerak dibidang usaha kesejahteraan sosial. Agar Karang Taruna tetap eksis, menurut dia diperlukan penguatan kelembagaan, dan tetap fokus membina generasi muda secara lebih efektif dan efisien termasuk dalam kegiatan usaha-usaha kesejahteraan sosial termasuk penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial.

“Upaya pelatihan manajemen ini patut kita apresiasi, dan pelaku karang taruna kita harapkan memanfaatkan pelatihan ini agar bisa hadir di tengah-tengah masyarakat guna membangun kesejahteraan sosial,” tutur dia.

Dikemukakan kehadiran karang taruna tidak bisa ditepiskan pada era transformasi globalisasi dan digitalisasi saat ini. Keberadaan Karang taruna harapan dia mampu menangkal dampak negatif globalisasi dan menjadi tameng melawan kenakalan remaja.

“Karang Taruna memiliki fungsi dan peran cukup vital dalam pembangunan. Wadah kepemudaan non partisan ini adalah tempat positif mengarahkan generasi muda berkarya, meningkatkan sumber daya manusia dan menumbuhkembangkan jiwa sosial,” tegasnya.

(Gindra/dd)

Related Posts