Sekda Sambas Apresiasi Pejabat Kembalikan Mobil Dinas

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Mantan asisten II Sekda Sambas Samingan Z secara resmi mengembalikan kendaraan operasional jabatan lamanya sebagai Asisten II Setda Kabupaten Sambas kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Sambas, Jamiat Akadol, Senin (3/10).

Penyerahan aset berupa mobil dinas tersebut diserahkan langsung oleh Samingan yang juga anggota DPRD kabupaten Sambas periode 2014-2019, kepada Sekda disaksikan oleh Kabag Perlengkapan Setda Kabupaten Sambas, Syafrudin.

Jamiat memberikan apresiasi dan mengungkapkan terima kasih atas penyerahan dengan inisiatif pribadi itu. Kata Jamiat, hal itu sudah selayaknya dicontoh oleh yang lain.

“Atas penyerahan ini, Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih kepada yang bersangkutan, hal ini sudah sepatutnya dicontoh kawan-kawan yang lain,” jelas Sekda.

Penyerahan Aset ini dijelaskan Sekda sebagai sebuah konsekuensi dari jabatan. Karena ungkap Jamiat, ketika jabatan sudah berakhir, yang bersangkutan harus mengembalikan aset yang digunakan ketika masih menjabat.

“Kendaraan jabatan hanya diperuntukkan bagi yang memegang jabatan, ketika sudah pensiun harus dikembalikan,” tegasnya.

Imbauan Jamiat bagi yang belum mengembalikan kendaraan dinas, dia meminta segera dikembalikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas. Sekda mengingatkan, jangan sampai dilakukan penarikan oleh pihak yang ditugaskan.

“Kita harapkan kesadaran pihak-pihak yang berkaitan dengan ini mengembalikan aset pemda tersebut dengan dasar atas inisiatif pribadi, itu Insya Allah lebih baik dari pada sampai terjadi penarikan oleh pihak yang kita tugaskan nantinya,” tutur dia.

Berkaitan dengan penyerahan aset oleh mantan pejabat, dijelaskan Sekda sebagai tindak lanjut dari rekomendasi BPK. Persoalan aset sebut dia menjadi penghambat peraihan hasil untuk mewujudkan penilaian pengelolaan keuangan dan aset daerah dengan opini WTP atau wajar tanpa pengecualian.

“Dalam beberapa tahun terakhir ini kita hanya berhasil meraih penilaian dengan opini wajar dengan pengecualian, harapan kita dengan tertibnya pengelolaan aset daerah termasuk pengembalian aset dinas oleh mantan pejabat pemda, kedepannya kita bisa jadi WTP. Dan ini sesuai arahan dan perintah Bupati Sambas, agar tahun 2016 kita bisa mencapai WTP,” tegas Jamiat.

(Ant/dd)

Related Posts