KPA Pontianak: Penyebaran HIV/AIDS Sasar Ibu Rumah Tangga

HIV AIDS

Pontianak, thetanjungpuratimes.comKomisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Pontianak mencatat selama periode Januari sampai Juni 2016 sedikitnya ditemukan 77 kasus orang  baru dengan HIV positif di Kota Pontianak. 17 orang diantaranya adalah ibu rumah tangga.

Sementara pada tahun sebelumnya KPA menemukan 156 Orang dengan HIV/AIDS (ODHA), 50 diantaranya ibu rumah tangga.

“Saat ini penularan HIV masuk ke ranah  rumah tangga. Jadi program kita tidak hanya kepada populasi kunci, Pemerintah juga fokus ke daerah di mana  lelaki beresiko tinggi berada, baik itu di lokasi pelabuhan maupun di lokasi- lokasi lainnya,” kata Lusi Nuryanti Sekretaris umum KPA Kota Pontianak, Rabu (5/10).

Menurut dia, semakin dini mengetahui penyakit HIV tersebut maka pengobatannya juga  lebih murah. Tidak harus menunggu harus parah dulu.

“Temuan-temuan kita di Kota Pontianak setiap tahun menurun, tapi itu tidak menutup kemungkinan karena HIV fenomena gunung es, kalau kita tidak terus bekerja menguak dimana saja HIV ini berada, ini menjadi bom waktu, suatu hari banyak anak yang terinfeksi HIV,” paparnya.

Lebih jauh ia mengatakan, dengan adanya program pemerintah ibu hamil wajib tes HIV, itu merupakan satu langkah maju.

“Kalaupun ibunya positif, anak bisa dicegah negatif,” jelasnya.

Yang terjadi saat ini, kata dia, kebanyakan orang takut untuk melakukan tes HIV karena takut ketahuan dirinya terjangkit.

Ia pun mengajak kepada masyarakat agar mau memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat, jika bisa diketahui lebih awal, maka kesempatan untuk sehat semakin besar, walupun memang HIV sampai saat ini masih belum ada obatnya. Obat hanya bersifat mempertahankan imun tubuh, agar tidak gampang sakit.

“Tapi jika minum obatnya rutin, Insya Allah akan tetap sehat, obatnya juga gratis, kerahasiaannya juga dijamin,” pungkasnya.

(Agustiandi/dd)

Related Posts