Dua Raperda di Landak Disetujui Jadi Perda

Landak, thetanjungpuratimes.com – Pejabat sementara Bupati Kabupaten Landak, Jakius Sinyor menyambut baik ditetapkannya dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) untuk disetujui menjadi Perda.

Kedua Raperda yang sudah disetujui oleh fraksi-fraksi di DPRD Landak tersebut yakni, Perda tentang tanggungjawab sosial dan lingkungan perusahaan serta Perda perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan.

Sikap politik DPRD Landak atas penyetujuan kedua Raperda itu untuk dijadikan Perda dituangkan dalam pendapat akhir fraksi-fraksi di DPRD Landak dalam rapat paripurna yang berlangsung diruang sidang DPRD Landak, Kamis (6/10).

Pendapat akhir tersebut disampaikan wakil ketua Badan Legislasi DPRD Landak, Minadinata. Rapat paripurna itu sendiri dipimpin Ketua DPRD Landak, Heri Saman yang didampingi dua wakil ketua DPRD Landak, Oktapius dan Sabinus serta dihadiri sejumlah anggota DPRD Landak.

Sedangkan dijajaran eksekutif dihadiri Pj Bupati Landak, Jakius Sinyor, Pj Sekda Landak, Alpius dan para Kepala SKPD di Pemkab Landak.

Menurut Jakius, untuk Perda tentang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan, sudah sesuai dengan program pemerintah.

“Konsep kita mengacu kepada tataruang nasional, provinsi dan kabupaten/kota,” ujar Jakius ketika memberikan tanggapan atas disetujuinya kedua Perda tersebut.

Dikatakannya, yang dimaksud dengan berkelanjutan yakni, bagaimana melindungi lahan pertanian yang ada, termasuk kawasan hutan.

“Di samping itu, yang dinamakan berkelanjutan adalah pembangunan yang akan kita lakukan jangan sampai merusak lingkungan untuk di masa yang akan datang. Selain kita membangun, kita juga melindungi,” katanya saat Penyerahan Berita Acara Persetujuan dua Perda dari Ketua DPRD Landak kepada Pj Bupati Landak.

(NY/d)

Related Posts