BKSDA Kalbar Kembali Terima Kukang Dari Warga

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – An Kian Fen, warga yang beralamat di jalan Perdamaian, Desa Pal 9, kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya menyerahkan secara sukarela satwa Kukang (Nycticebus Coucang) kepada petugas BKSDA Kalimantan Barat dalam hal ini Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan Tumbuhan dan Satwa Liar pada hari Jumat (7/10) sekira pukul 10:15 WIB.

Menurut pemilik satwa, kukang itu baru di peliharanya sekitar dua minggu, satwa yang dilindungi tersebut berumur sekitar 1 tahun 8 bulan dengan jenis kelamin betina.

Saat ini yang di lindungi tersebut diamankan di kandang Transit Balai KSDA Kalimantan Barat untuk selanjutnya akan dititiprawatkan, dan direhabilitasi di YIARI Ketapang.

Untuk jenis satwa Kukang (selama ini merupakan satwa favorite peliharaan), merupakan penyerahan secara sukarela dari masyarakat yg ke-18 kepada BKSDA Kalimantan Barat selama kurun waktu tahun 2016 sampai dengan hari ini.

Dengan banyaknya warga yang menyerahkan satwa di lindungi berarti telah meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap kelestarian satwa di habitat alamnya, serta pertimbangan animal welfare (tercatat ada beberapa jenis satwa lain yang dilindungi yang juga diserahkan secara sukarela).

Selain itu, juga mencerminkan hasil dari upaya kegiatan konservasi, baik secara preventif-persuasif (Patroli, Sosialiasi – Penyuluhan) maupun represif (Penegakan Hukum) yang selama ini terus dilakukan.

(Faisal)

 

Related Posts