DPRD Sambas Janji Sampaikan Keluhan Kades ke Kementerian

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Sekretaris komisi A DPRD kabupaten Sambas, Lery Kurniawan Figo mengaku akan menampung permintaan sejumlah kepala desa yang disampaikan dalam dengar pendapat beberapa hari lalu di DPRD kabupaten Sambas.

Dikatakan ada tiga permintaan yang ditampung dan akan dikonsultasikan kepada kementerian terkait.

“Kita menyesalkan atas dimentahkannya permintaan kepala desa oleh BPMPD dan Bagian hukum Setda kabupaten Sambas, dalam hearing bersama dengan Apdesi kemarin,” ujar Figo, Jumat (7/10).

Tiga permintaan kepala desa yang akan dikonsultasikan menurut Figo, meliputi regulasi Pilkades, penghasilan tetap (Siltap) perangkat desa dan tunjangan purna bhakti kepala desa.

“Mengenai pelaksanaan Pilkades serentak yang diminta oleh kepala desa, kita menilai wajar lantaran bisa lebih efektif dan efisien jika dilaksanakan pada tahun 2018. Begitu juga dengan Siltap perangkat desa, dari segi normatif selayaknya perangkat desa mendapatkan Siltap tersebut. Ini karena beban kerja mereka, minimal Siltap mereka Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta perbulannya,” terang Figo.

Figo menilai wajar apa yang menjadi permintaan Bupati tersebut, akan tetapi ia sangat menyayangkan permintaan tersebut dimentahkan oleh eksekutif.

“BPMPD dan Bagian hukum saat itu beralasan karena regulasi yang ada, padahal setelah dilihat regulasi yang menjadi alasan tersebut dinilai masih lemah. Pertemuan dalam hearing saat itu masih beku, karena itu pada 17 Oktober mendatang ketiga poin tersebut akan kita konsultasikan kepada kementerian,” jelas Figo.

(Gindra/dd)

Related Posts