Diprediksi Penerimaan ASN Kosong Hingga 2017

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Hingga saat ini Kapuas Hulu masih kekurangan Aparatur Sipil Negera (ASN) di bidang pendidikan dan kesehatan. Hal ini membatasi ruang gerak pelayanan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu terhadap masyarakat, sehingga pelyanan tersebut kurang maksimal. Keadaan ini diperparah lagi dengan adanya penundaan penerimaan ASN dari Pemerintah Pusat.

Terkait penerimaan ASN, Sekertaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Ir H Muhammad Sukri mengatakan belum ada informasi dari Pemerintah Pusat akan adanya penerimaan ASN jalur umum di tahun 2016 ini. Sekda pun memprediksikan tahun depan penerimaan ASN masih ditiadakan.

“Saya kira tahun depan juga masih belum ada penerimaan,” tegasnya belum lama ini.

Perkiraan Sekda bukan tidak beralasan, pasalnya secara Nasional sendiri jumlah ASN telah melebihi kebutuhan.

“Kelebihan itu secara nasional sekitar 1 Juta orang. Kelebihan ASN tersebut lah yang menyebabkan adanya penundaan penerimaan ASN. Disisi lain, Pemerintah Indonesia sendiri sedang melakukan penghematan anggaran,” ujarnya.

Keadaan ini juga yang dirasakan mempersulit Pemerintah di daerah. Apalagi Kapuas Hulu kekurangan SDM ASN-nya.

“Terutama untuk guru, selain banyak yang sudah pensiun, ada juga yang mengajukan pindah. Disisi lain honorer sudah dibatasi,” tuturnya.

Sekda pun mengharapkan, kedepan ada kebijakan dari Pemerintah Pusat untuk perlakuan khusus terhadap Kapuas Hulu sebagai kabupaten perbatasan. Sehingga bisa melakukan penerimaan ASN, khususnya bidang pendidikan dan kesehatan.

“Kita berharap guru dan tenaga medis dapat diprioritaskan untuk kita, karena mereka ini berkaitan dengan kebutuhan dasar masyarakat,” tutupnya.

(yohanes/Faisal)

Related Posts