BKD Sekadau Sanksi Empat PNS Langgar Aturan

Sekadau, thetanjungpuratimes.com – Tercatat tahun 2016 Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sekadau telah memberikan sanksi empat Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang melanggar disiplin.

Kepala BKD Sekadau Markus Aron Aput, menerangkan, empat PNS itu ditindak sesuai dengan tingkat masalah yang mereka lakukan.

“Empat PNS itu, dua diantaranya diberhentikan dengan tidak hormat, dua lainnya penurunan pangkat. Ini kita lakukan sesuai PP 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS dan UU nomor 5 tahun 2015 tentang ASN, dan juga  memberikan pembelajaran  kepada PNS yang lainnya supaya tidak melakukan hal yang sama,” ujarnya, Senin (10/10).

Empat PNS itu, kata Aput sapaan akrabnya, terdiri dari berbagai bagian. Yaitu staf kantor camat, Bidan, Guru, dan kepala instansi di lingkungan Pemkab Sekadau yang terlibat kasus penyalahgunaan jabatan.

“Sedikit banyak tentu akan bepengaruh kepada pelayanan, apalagi status mereka merupakan petugas teknis dan pendidik yang langsung berhadapan dengan masyarakat,” ungkapnya.

Ia mengakui, tidak menutup kemungkinan ke depan akan terjadi. Namun  pihaknya terus berupaya menyosialisasikan kepada PNS atas sadar dengan pekerjaanya.

“Memang ada beberapa PNS yang terlibat kasus seperti asusila, narkoba, meninggalkan tugas, dan masih banyak jenis-jenis pelanggaran disiplin, bahkan ada terkait dengan perselingkuhan, saat ini sedang proses yang bersangkutan dan sudah dipanggil pelakunya juga. Dan kita tetap menerapkan peraturan tersebut walaupun di luar beredar BKD terkesan lambat menyelesaikan masalah PNS, intinya kita secara bertahap kita melihatnya,” bebernya.

(Yahya/dd)

Related Posts