Cornelis Minta Sambas Raih WTP

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Gubernur Kalbar, Cornelis dalam Murenbang RPJMD kabupaten Sambas menekankan Kabupaten Sambas dengan potensi agrarisnya harus benar-benar memperhatikan pembangunan ketahanan pangan. Itu ditegaskan dia dikarenakan ketahanan pangan menjadi isu aktual dan krusial. Tidak hanya ketahanan Pangan, Cornelis juga menyoroti pembangunan SDM Kabupaten Sambas.

“RPJMD Kabupaten Sambas harus mengacu RPJMD Propinsi dan RPJMN. Pembangunan SDM, Pendidikan harus prioritas dalam RPJMD,” ujar Cornelis, Senin (10/10) di Sambas.

Gubernur yakin Kabupaten Sambas bisa membangun SDM berkualitas. Dengan muslim yang mayoritas, Gubernur mengingatkan bahwa dalam ajaran muslim sudah mengatakan tentang pembangunan SDM.

“Didalam Al Quran sudah disebutkan, bahwa tidak akan dirubah nasib suatu kaum jika kaum itu tidak merubahnya sendiri,” katanya.

Itu diartikan oleh Cornelis, bahwa masyarakat kabupaten sambas harus lebih bekerja keras lagi dan lebih ulet lagi.

Gubernur juga menjelaskan beberapa kewenangan yang sekarang sudah berpindah ke tingkat Propinsi. Seperti pertambangan, diingatkan Cornelis, tidak benar jika Gubernur memperlambat masalah perizinan pertambangan. Dia memberi masukan bahwa DPRD Kabupaten Sambas harus memberikan dukungan bagi kepemimpinan Bupati. Caranya menjaga iklim pemerintahan dan perpolitikan yang kondusif.

“Jangan sampai kita salah dalam mengelola negara dan mengelola pemerintahan,” tegas Gubernur.

Cornelis mencontohkan, Negara dengan sistem negara bagian sudah ada yang bangkrut. Karenanya dia minta, daerah otonomi bekerja dengan kerja nyata dan mampu mempertanggungjawabkan setiap pengeluaran keuangan negara dengan baik dan benar.

“Sambas saya minta kedepannya pengelolaan keuangannya bisa WTP,” ucapnya.

(Gindra/Faisal)

Related Posts