DD Belum Cair, Kades di Kapuas Hulu Mulai Khawatir

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Tahun anggaran 2016 tinggal 2 bulan lagi, namun Dana Desa (DD) belum juga cair. Keadaan ini membuat, Kepala Desa Sungai Uluk Palin, Edi B.S khawatir pembangunan fisik di desanya akan terkendala.

“Kalau desa saya ADD sudah cair tinggal DD saja yang belum, kalau ini terlambat saya hawatir pembangunan fisik di desa jadi terhambat, apalagi kami desa tidak dana untuk menalang itu,” keluhnya, Selasa (11/10).

Edi memperkirakan dana desa belum cair karena ada desa yang belum melaporkan penggunaan dana desa tahap pertama, dan itu membuat Kementrian belum bisa mencaikan dana desa tahap dua.

Sebab aturan saat ini, kata Edi, dari Bupati harus merekomendasikan pencairan dana desa  itu berjumlah 278 desa.

“Kalau masih ada desa yang belum membuat laporan dana desa tahap pertama, tentunya akan menghambat pembangunan desa lainnya,” ungkap Edi.

Sementara itu Muhtarudin Sekretaris Badan Pemerintahan Masyarakat Desa (BPMD) mengatakan, untuk dana desa tahap dua memang belum cair karena masih dalam proses.

“Ada beberapa desa yang belum menyampaikan laporan dana desa tahap pertama, sehingga dampaknya dana desa tahap kedua ini belum bisa dicairkan,” ucapnya.

Lanjutnya, diperkirakan dana desa tahap dua bulan Oktober ini akan cair dan paling lama bulan November. Sesuai peraturan menteri keuangan nomor 49/PMK-7/2016 bahwa pencairan dana desa dengan pemindahan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) ke Rekening Kas Desa (RKD) pencairan dana desa itu dua tahap.

“Tahap pertama pencairan sebesar 60 persen yang dimulai bulan Maret dan tahap kedua bulan Agustus sebesar 40 persen,” paparnya.

(yohanes/dd)

Related Posts