SMP Negeri 2 Sanggau Siap Terapkan “Full Day School”

Ilustrasi sekolah

Sanggau, thetanjungpuratimes.com – Wakil kepala sekolah SMP Negeri 2 Sanggau, Nurhayati mengungkapkan, sekolah tersebut siap melaksanakan gagasan program full day school. Jika kondisi insfratruktur sudah dinilai lengkap dan memadai.

“Kita sangat menyetujui program full day school tersebut, hanya saja jika melihat kondisi sarana dan prasarana saat ini, tentunya belum memenuhi persyaratan,” ungkapnya, Rabu (12/10).

Sarana dan prasarana yang mesti dilengkapi, tentunya sangat komplit, mulai dari mushola hingga sumber daya manusia pengajarnya.

“Jadi masih banyak yang mesti dilengkapilah,” timpalnya.

Menurut Nurhayati program tersebut sangat bagus, karena selain untuk mengejar target kurikulum sebagaimana tujuan pendidikan nasional, juga dapat memperkecil budaya negatif yang berkembang di luar dunia pendidikan.

Meskipun demikian, ada beberapa hal yang perlu menjadi prioritas untuk dapat diatasi, khususnya menyangkut sarana fisik dan non fisik yang ada di sekolah. Para guru perlu diberikan ruang yang luas juga penghargaan atau reward agar lebih kreatif serta inovatif sehingga dapat lebih berprestasi.

“Karena kalau tidak, suasana di sekolah akan membosankan baik bagi siswa maupun bagi guru itu sendiri. Perbaikan lainnya berupa sarana dan prasarana yang harus segera dilengkapi sesuai dengan tuntutan kurikulum. Bila dua syarat tersebut belum dapat dipenuhi secara merata di semua sekolah, maka pelaksanaan sistem full day school ini diutamakan bagi sudah siap terlebih dahulu,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Nurhayati berharap kebijakan ini dapat diimplementasikan secara bertahap dalam kerangka waktu yang jelas.

Sejatinya, memang daerah perlu juga diberi ruang untuk mengelola pendidikan sesuai kearifan lokal, sehingga menghasilkan generasi yang tangguh.

(Muhammad/dd)

Related Posts