Empat Sekolah Mempawah Akan Ikuti Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi

Mempawah, thetanjungpuratimes.com – Tim pembinaan usaha kesehatan sekolah (UKS) Kabupaten Mempawah kian intensif melakukan pembinaan dan pendampingan kepada empat sekolah yang akan mewakili Kabupaten Mempawah pada lomba Sekolah Sehat tingkat provinsi tidak lama lagi.

Asisten Ekonomi dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Mempawah, Ismail, mengatakan selain memantau dan mendampingi langsung persiapan sekolah, tim juga memberikan sejumlah masukan.

“Gerakan UKS hanya akan berhasil jika ada sinergi dari semua pihak terkait. Meskipun UKS ada melalui surat keputusan bersama empat menteri, yaitu Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, dan Menteri Agama, namun dalam realisasinya UKS hanya bisa berjalan jika ada dukungan dari lintas sektor,” katanya, Kamis (13/10).

Menurutnya, dukungan dari sektor lainnya seperti sekolah harus ada taman, penataan lingkungan, sanitasi, hingga pemagaran, maka ini akan melibatkan Dinas Pekerjaan Umum. Begitu juga dalam hal-hal lain seperti penghijauan, fasilitas pembuangan sampah, tanaman pangan, dan sebagainya, ini juga melibatkan satuan kerja perangkat daerah lainnya yang terkait.

Ismail mengapresiasi tim UKS kecamatan yang bersama forum koordinasi pimpinan kecamatan setempat dinilainya sangat sinergis mendukung SD Negeri 06 Siantan sebagai wakil Kabupaten Mempawah. Ia menyatakan jika aspek kesehatan dan pola hidup bersih sudah menjadi budaya, maka prestasi terbaik hanya tinggal menunggu waktu, kaena hal itu terjadi jika sekolah sudah berbasis UKS.

Senada, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mempawah Firman Juli Purnama memuji partisipasi lingkungan setempat yang dinilainya sangat aktif. Ia menegaskan usaha untuk menghidupkan UKS bukan semata tangggung jawab pemerintah daerah, namun pihak dari swasta juga harus peduli.

“Saya berharap UKS tetap harus maju. Jangan kita giat hanya pada saat ada perlombaan. Pembenahan kesehatan sekolah harus terus dilakukan, terlepas ada atau tidaknya kegiatan lomba. Menang-tidak menang bukan soal. Ayo kita sama-sama bergerak. Yang penting jangan mengeluh, kedepankan tindakan nyata,” ucapnya.

Kepala Sekolah SD Negeri 06 Siantan, Juanda, berterima kasih atas kunjungan Tim UKS Kabupaten. Ia memuji tim yang menurutnya tiada henti memotivasi. Juanda mengatakan secara umum persiapan sekolahnya sudah hampir optimal. Menurutnya, hanya ada sedikit kekurangan yakni bangunan pagar sekolah.

“Untuk menghadapi lomba tingkat provinsi, jajaran forum koordinasi pimpinan kecamatan makin aktif bahu-membahu, seperti mendapat bantuan dari berbagai pihak seperti Polsek, Koramil, kepala dusun, BPD, guru-guru, dan lain-lain,” tutupnya.

Keempat sekolah yang akan mewakili Kabupaten Mempawah pada lomba sekolah sehat tingkat Provinsi Kalimantan Barat yakni TK Kartika XVII-08 Mempawah Hilir, SD Negeri 06 Siantan, SMP Negeri 01 Anjongan, dan SMA 02 Mempawah Hilir.

(Hamzah/Faisal)

Related Posts