Cara Ubah Kamera Ponsel Android Jadi Sensor Sidik Jari

thetanjungpuratimes.com – Sensor sidik jari saat ini masih jadi monopoli smartphone kelas menengah atas. Tetapi jangan minder, dengan kreativitas kamu bisa mengubah kamera pada ponsel Android menjadi pemindai sidik jari.

Sensor sidik jari sendiri merupakan peranti keamanan ponsel yang kini banyak digunakan untuk menggantikan password. Dengan fitur ini ponsel menjadi lebih aman, karena hanya bisa dikunci dan dibuka menggunakan sidik jari pemiliknya.

Berikut cara mengubah kamera ponsel Android kamu menjadi sensor sidik jari menurut JalanTikus:

1. Pertama, kamu harus mengunduh dan install aplikasi bernama Fingerprint AppLock.

2. Buka aplikasi tersebut, kemudian pilih menu Finger Enroll. Kamu akan dialihkan ke halaman untuk memilih jari mana yang akan dipindai. Agar lebih mudah, pilih jari telunjuk di tangan kiri kamu.

3. Kamera belakang dari HP akan menyala dan kamu akan diminta untuk meletakkan jari telunjuk dari tangan kiri di depan kamera. Proses pindai akan berlangsung dan apabila berhasil, panel sidik jari di bawah kamera akan berubah menjadi hijau. Ulangi langkah ini hingga tujuh kali.

4. Jika sukses, maka kamu akan mendapatkan pesan dari aplikasi tersebut. Tekan tombol “Use this Fingerprint” di bagian kanan bawah untuk menggunakan hasil pindai menjadi alat untuk mengunci ponsel.

5. Kembali ke halaman utama dari aplikasi Fingerprint Applock. Tekan Lock Apps untuk memilih, aplikasi apa saja yang kamu kehendaki untuk dikunci dengan sidik jari. Sebelum bisa memilih, kamu akan dialihkan ke halaman Accessibility. Pilih opsi Finger Print Aplock, dan tekan tombol On.

6. Setelahnya kembali ke halaman Lock Apps. Di sana, kamu tinggal memilih aplikasi mana saja yang ingin dikunci. Pilih Finger Print Lock, dan tekan Lock.

7. Kini setiap kamu akan membuka yang dikehendaki, maka sebelumnya akan ada halaman yang meminta kamu untuk memindai sidik jari menggunakan kamera belakang.

Selamat mencoba!

(Suara/dd)

Related Posts