Peringati Hari Jadi Pontianak, Laskar Pemuda Melayu Gelar Donor Darah

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Puluhan warga dari berbagai kalangan  mengkuti acara donor darah yang diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Laskar Pemuda Melayu (LPM) Pontianak, bertempat di aula Kantor Camat Pontianak Kota, Jalan Pangeran Natakusuma, Sabtu (15/10).

Panitia Pelaksana, Rachmat Effendi (45) menuturkan donor darah yang digelar DPC LPM Pontianak Kota sebagai bentuk partisipasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Pontianak yang ke – 245.

Kegiatan ini diikuti mahasiswa Politeknik Putra Bangsa Pontianak, Polsek Pontianak Kota, Polresta Pontianak, Asrama Mahasiswa Ketapang, Asrama Mahasiswa Sanggau, Asrama Mahasiswa Kapuas Hulu dan masyarakat umum.

“DPC LPM Pontianak Kota punya program kerja, diantaranya kegiatan donor darah yang kami adakan hari ini,”  jelasnya .

Selain itu, kata dia, kegiatan donor darah ini juga sebagai bentuk simpati dan empati kepada warga lain, serta membantu Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pontianak untuk memenuhi kebutuhan darah.

“Karena berdasarkan data dari PMI Kota Pontianak, kebutuhan darah perhari itu 150 kantong darah, dan ternyata itu tidak tercover oleh PMI Kota Pontianak,” jelasnya.

Menurut dia satu diantara yang menjadi penyebab adalah kurangnya animo warga masyarakat di Kota Pontianak, untuk mendonorkan darahnya.

“Kegiatan ini tentunya memberikan semacam edukasi kepada saudara-saudara kita yang mungkin belum melakukan donor darah, agar suatu saat nanti ikut melakukan donor darah,” pintanya

Selain donor darah, ada juga tes kepadatan tulang. Ada dua orang petugas dari PT Totalcare Nutraceutical yang akan melayani dalam melakukan tes maupun memberikan penjelasan detail tentang hasil tes dari alat Born Mineral Densitometri (BMD)

“Dari hasil donor darah yang dikukan ada hari ini, LPM dapat mengupulkan sebanyak 23 kantong darah,” pungkas dia.

(Maulidi/dd)

Related Posts