Rumah Peninggalan Lawrence of Arabia Terbengkalai

Arab Saudi, thetanjungpuratimes – Rumah yang pernah ditinggali Lawrence of Arabia di Yanbu, Arab Saudi, terbengkalai setelah seratus tahun ditinggalkan tokoh legendaris itu.

Bangunan yang terbengkalai tersebut kini menjadi perbincangan di kalangan sejarahwan Saudi. Mereka meminta pemerintah merestorasi rumah tersebut untuk keperluan pariwisata.

Arkeolog sekaligus intelijen Inggris Thomas Edward Lawrence (1888-1935), lebih dikenal dengan Lawrence of Arabia, tinggal di kota tua Yanbu antara tahun 1915 dan 1916.

Seorang warga di Yanbu mengatakan bahwa rumah tersebut tak pernah ditinggali sejak kepergian Lawrence. “Tak seorang pun berani tinggal meskipun cuma satu malam karena kabar ada hantu gentayangan di rumah tersebut,” katanya seperti diberitakan Saudi Gazette.

Lawrence of Arabia turut membantu Revolusi Arab (1916-1918) melepaskan diri dari Kekhalifahan Utsmaniyah. Pascarevolusi, jazirah Arabia terpecah menjadi beberapa negara merdeka yang lebih kecil.

Selama setahun Lawrence tinggal di rumah dua lantai yang menghadap ke laut tersebut. Dalam beberapa dekade belakangan, rumah itu tak terurus; atap dan pagar di luar rumah tampak rusak parah.

Banyak turis ingin melihat rumah tersebut karena ketenaran nama Lawrence sebagai agen Inggris. Adnan Bin Isa Al-Omari, sejarahwan yang tinggal di Madinah, mengatakan bangunan seharusnya dilindungi untuk menjadi saksi sejarah Arab.

(Rimanews/Faisal)

 

Related Posts