Waspadai Jalan Rusak di Musim Penghujan

Sekadau, thetanjungpuratimes.com – Anggota komisi B DPRD Sekadau Liri Muri, meminta agar potensi kerusakan jalan akibat faktor cuaca dapat diantisipasi, terutama oleh perusahaan-perusahaan yang berinvestasi di Sekadau.

“Karena mayoritas jalan yang berpotensi mengalami kerusakan berada dalam wilayah investasi perusahaan-perusahaan perkebunan kelapa sawit,” pintanya, Minggu (16/10).

Menurutnya menjelang akhir tahun, saat musim penghujan tiba maka kerusakan jalan sering terjadi. Di beberapa wilayah Kabupaten Sekadau, masih terdapat ruas jalan yang belum baik. Sebagian besar masih berupa jalan tanah kuning. Jalan dengan kondisi ini sangat mudah rusak jika diguyur hujan.

“Pihak perusahaan-perusahaan diharapkan bisa membantu mengantisipasi kerusakan jalan karena sekarang sudah memasuki musim penghujan. Kami minta perusahaan peduli dengan hal ini,” katanya.

Liri mengatakan, kepedulian dari para investor sangat diperlukan. Sebab, hal tersebut merupakan salah satu dari bentuk implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR), namun iharapkan investor tidak hanya ingin mengambil keuntungan tanpa memperdulikan kepentingan masyarakat sekitar.

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Pertambangan Kabupaten Sekadau, Heri Handoko Susilo menyatakan, pihaknya memiliki pos anggaran khusus untuk mengantisipasi kerusakan jalan secara mendadak, misalnya terkena longsor atau rusak akibat hujan.

“Namun dana tersebut jumlahnya terbatas dan hanya dapat dipergunakan untuk keperluan insidentil saja,” pungkasnya.

(Yahya/Faisal)

Related Posts