Pemberontak Suriah Dukungan Turki Rebut Kota Dabiq dari ISIS

Turki, thetanjungpuratimes.com – Pemberontak Suriah yang mendapatkan dukungan persenjataan dan dana dari Turki berhasil mengambil alih kota Dabiq dari tangan ISIS. Mereka mengklaim, berhasil menguasai kota tersebut setelah melakukan serangan selama berbulan-bulan.

Seorang komandan Hamza Brigade mengatakan, anggota ISIS tidak memberikan perlawanan berarti dan mundur ke kota al-Bab.

Saif Abu Bakr mengatakan kepada The Associated Press bahwa 2.000 pasukannya berhasil masuk ke Dabiq menggunakan tank dan dibantu serangan udara tentara Turki, hingga memaksa anggota ISIS meninggalkan kota yang dipenuhi ranjau tersebut.

Sementara menurut kantor berita Anadolu, jet tempur koalisi Barat pimpinan Amerika Serikat juga ikut membantu kelompok pemberontak yang berafiliasi dengan Free Syrian Army itu melancarkan serangan di kota Dabiq dan Arshak.

Ibrahim Kalin, juru bicara Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, mengatakan bahwa operasi yang dilakukan Turki, koalisi pimpinan AS dan kelompok pemberontak yang mereka dukung akan terus berlangsung sampai seluruh wilayah perbatasan aman.

“Secara strategis, penting bagi pasukan Free Syrian Army untuk melanjutkan keberhasilan mereka hingga al-Bab, benteng utama teroris,” kata Kalin.

(Rimanews/Faisal)

Related Posts