Proyek Palapa Ring Barat Diharapkan Dukung Program e-Goverment dan Smart City Singkawang

Singkawang, thetanjungpuratimes.com – Wakil Wali kota Singkawang Abdul Muthalib berharap proyek Palapa Ring akan mendukung program e-Goverment dan Smart City di Singkawang.

“Melalui pembangunan jaringan Palapa Ring Barat ini dapat menjawab tantangan yaitu mewujudkan masyarakat informasi,” katanya dalam acara peletakan batu pertama proyek Palapa Ring Barat di Pasir Panjang Singkawang, Selasa (18/10).

Proyek ini, kata dia, merupakan salah satu upaya pemerintah dalam membangun ketersediaan layanan jaringan serat optik sebagai tulang punggung bagi sistem telekomunikasi nasional yang menghubungkan seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

Proyek ini akan membangun infrastruktur jaringan tulang punggung serat optik nasional di daerah-daerah non-commercial demi pemerataan akses pita lebar (broadband) di Indonesia.

Proyek Palapa Ring dibagi menjadi tiga paket yaitu Barat, Tengah dan Timur.  Proyek Palapa Ring Paket Barat akan menjangkau wilayah Provinsi Riau, Kepulauan Riau (sampai dengan Pulau Natuna) dan Kalimantan Barat (sebagai bagian dari interkoneksi dengan jaringan serat optik yang telah dibangun) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.000 km.

“Dengan Proyek Palapa Ring kita sama-sama ada akselerasi pertumbuhan dan pemerataan infrastruktur jaringan telekomunikasi sehingga lebih menjangkau dan meningkatkan akses informasi bagi untuk masyarakat Singkawang pada khususnya dan Kalimantan Barat pada umumnya,” katanya.

Peletakan batu pertama Ground  Breaking yang menjadi  awal dimulainya  proses konstruksi  yang akan  dilakukan  oleh  PT. PRB dalam jangka waktu  18 bulan  ke depan,  dengan  panjang kabel  mencapai 2.000 kilometer.

Proyek Palapa Ring Paket Barat memiliki  nilai investasi mencapai Rp 3.48 Triliun dengan masa konsesi selama 15 tahun.

(Mizar/dd)

Related Posts