Penertiban Admintrasi dan Pajak Kendaraan di Kapuas Hulu

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Sejak dua hari terahir Tim Gabungan Polres Kapuas Hulu, POM dan Dispenda setempat melakukan razia kendaraan roda dua dan empat. Razia gabungan tersebut digencarkan untuk menertibkan administrasi dan pajak kendaraan masyarakat.

Kasat Lantas Polres Kapuas Hulu Iptu Kamto mengatakan pihaknya mulai dari hari Selasa (18/10) dan Rabu (19/10), telah melakukan razia terhadap para pengendara yang melakukan pelanggaran lalu lintas.

“Hari Selasa kami melakukan razia di Mapolres Kapuas Hulu Jalan D.I Panjaitan dan Hari Rabu ini kami melakukan razia di jalan lintas selatan Simpang Empat Kedamin,” katanya saat ditemui di lokasi razia, Rabu (19/10).

Tujuan dari razia tersebut dilakukan untuk melakukan penertiban dan menjaga keselamatan para pengemudi. Selain itu sebagai upaya untuk mengimbau para pemilik kendaraan agar membayar pajak kendaraannya kepada negara.

“Razia hari Selasa kemarin kami menjaring 38 pelanggar, untuk keselahannya,  kendaraan yang mereka gunakan tidak dilengkapi surat menyurat, tidak menggunakan helm dan kelengkapan motor yang lainnya. Untuk razia hari ini kami belum tahu berapa jumlah yang terjaring,” katanya.

Ditempat yang sama Hen, menuturkan apresiasinya kepada petugas yang melakukan razia. Meskipun kedapatan mati pajak motornya, Hen menganggap razia tersebut justru mempermudah administrasi bayar pajak.

“Saya ini kan bukan orang kota sini pak, kalau mau bayar jauh, lagian jarang-jarang turung ke Putussibau. Kalau begini ya sekalian bayar pajak, ndak juga lama,” ujarnya.

Disisi lain, Hen menilai akan lebih baik jika razia tersebut menyasar kepada para pelajar. Sebab kata dia banyak pelajar yang tidak memiliki SIM.

“Kalau mau ditertibkan, tertibkan juga pelajar itu, mereka pasti ada yang tidak punya SIM. Kalau hanya orang umum yang datang dari kampung, mungkin kurang adil,” ketusnya.

(yohanes/dd)

Related Posts