Leonardo DiCaprio Janji Kembalikan Uang Korupsi

thetanjungpuratimes.com – Nama Leonardo DiCaprio terseret dalam skandal 1Malaysia Development Berhad (1MDB), kasus korupsi yang melibatkan sejumlah politisi dunia. Leo, sapaan akrabnya, melalui yayasannya Leonardo DiCaprio Foundation (LDF), diduga menerima jutaan dolar dari hasil penggelapan dana pemerintahan Malaysia.

Duit itu kemudian digunakan untuk pembuatan film The Wolf of Wall Street, di mana Leo menjadi produser sekaligus bintang utamanya. Red Granite selaku rumah produksi film didirikan oleh Riza Aziz, anak tiri dari perdana Menteri Malaysia.

Terkait masalah ini, juru bicara LDF angkat suara. Dia mengatakan, Leo sebetulnya sudah mendengar kabar tersebut dari media sejak Juli lalu. Ingin lebih memastikannya, Leo mengutus perwakilan untuk mendatangi Departemen Kehakiman AS.

“Tujuannya untuk mencari tahu apakah dia dan yayasan pernah menerima hadiah atau sumbangan amal, baik itu secara langsung atau tidak terkait dengan partai. Dan jika demikian, hadiah atau sumbangan secepatnya akan dikembalikan,” katanya dilansir dari laman Ace Showbiz.

Sebelumnya, yayasan kehutanan Bruno Manser Funds mendesak Leo untuk melepaskan jabatan sebagai duta PBB dalam bidang perubahan iklim. Yayasan menganggap Leo tak pantas menjadi duta tersebut menyusul adanya tuduhan menerima duit panas.

“Kami minta dia untuk mundur sebagai duta perubahan iklim di PBB. Sebab, dia tak punya kredibilitas untuk jabatan penting itu,” kata Direktur Bruno Manser Funds Lukas Straumann.

(Ant/dd)