Pembangunan RS Semitau Terbentur Waktu

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu tengah berupaya menambah fasilitas pelayanan kesehatan di kecamatan Semitau.

Melalui dana dari Pemerintah Pusat, sebuah rumah sakit tipe pratama rencananya akan dibangun di kecamatan tersebut. Pendirian rumah sakit tipe pratama tersebut dibenarkan AM Nasir, Bupati Kapuas Hulu. Sesuai dengan tipenya, kata Nasir, rumah sakit tersebut akan memiliki kapasitas 50 tempat tidur pasien.

Nasir merangkan dana untuk pembangunan rumah sakit tersebut kurang lebih Rp. 33 miliar.

“Untuk Rp.17 miliar diantaranya digunakan khusus untuk pembelian alat-alat kesehatan,” kata Bupati.

Hanya saja, kata Nasir pembangunan rumah sakit tersebut akan terbentur dengan waktu pengerjaan. Pasalnya akhir tahun 2016 tinggal beberapa bulan lagi.

“Mengacu pada tahun anggaran tidak memungkinkan pembangunan tersebut dapat terselesaikan pada Desember 2016. Jika dilakukan pengerjaan dan sampai akhir desember 2016 belum selesai, maka kita dianggap tidak mampu dan sisa dananya harus dikembalikan ke Pusat,” kata Nasir.

Untuk permasalahan tersebut, kata Bupati pihaknya sedang mengkoordinasikan dengan pemerintah pusat agar kementrian keuangan dan kementrian kesehatan dapat memberikan solusi untuk pengerjaan pembangunan rumah sakit pratama Semitau.

“Semoga ada kemudahan dalam pembangunan rumah sakit Semitau ini, karena sangat dibutuhkan masyarakat. Apalagi kalau melihat sisi geografis, kecamatan Semitau dan sekitarnya cukup jauh dari Putussibau yang ada rumah sakitnya, sekitar 4 sampai 5 jam baru sampai ke Putussibau,” tutupnya.

(yohanes/dd)

 

Related Posts