Mempawah Akan Gelar Festival Akustik dan Religi

Mempawah, thetanjungpuratimes.com– Dinas Perhubungan, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Mempawah akan menggelar festival musik akustik dan religi se-Kabupaten Mempawah, 10-12 November 2016 mendatang.

Kegiatan itu memperebutkan hadiah uang tunai dan piagam penghargaan, festival terbuka bagi seluruh masyarakat Kalimantan Barat. Ketua panitia kegiatan, Rustanto Pratomo, mengatakan festival musik akustik terdiri atas dua jenis lomba, yakni band akustik dan gitar klasik. Adapun festival seni religi berupa perlombaan hadrah.

“Untuk babak penyisihan band akustik dimulai 11 November dan final tanggal 12 November dengan lokasi penyelenggaraan di Pentas Ria Terminal Mempawah. Sedangkan gitar klasik pada tanggal 11 November dengan lokasi di Gedung Kartini Mempawah,” tuturnya.

Tanto, sapaan Rustanto, menerangkan sasaran peserta adalah grup band, kelompok seni, dan sanggar seni yang ada di Kabupaten Mempawah dan Kalimantan Barat pada umumnya. Dia berharap perlombaan dapat menarik minat pengunjung yang berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum.

“Perlombaan ini akan menarik karena kami akan menghadirkan dewan juri yang merupakan musisi yang kompeten terhadap seni musik akustik dan instrumental klasik serta kesenian hadrah dari tingkat provinsi Kalimantan Barat,” ujarnya.

Menurut Tanto, pihaknya sangat komit pada upaya pengembangan kesenian di daerah. Termasuk seni musik. Ia menyebut kesenian khususnya musik, telah menjadi bagian dari kehidupan manusia.

“Mulai anak-anak sampai orang tua umumnya tidak dapat lepas dari music,” ujarnya.

Oleh sebab itu, dia menyebut, banyak kegiatan yang berhubungan dengan musik digelar pihak Dinas.

“Lomba ini adalah salah satu wadah bagi generasi muda dalam mengaktualisasikan talenta seni musik yang mereka miliki, khususnya seni musik tradisi dan modern serta seni yang bersifat religi,” ucapnya.

Lebih jauh Tanto berharap ajang lomba tidak saja menjadi wadah berkreasi para musisi, melainkan juga menjadi ajang merajut silaturahmi antarmusisi di daerah.

“Kita berharap dapat memperkokoh silaturahmi di tengah keberagaman masyarakat di Kabupaten Mempawah,” pungkasnya.

Related Posts