Pembacaan Satu Miliar Shalawat Nariyah Catat Rekor MURI

Jakarta, thetanjungpuratimes.com – Ketua Museum Rekor Indonesia (MURI) Jaya Suprana memberikan rekor MURI sekaligus rekor dunia atas pembacaan shalawat nariyah sebanyak 1 miliar lebih dan perjalanan kirab terjauh 2000 KM oleh para santri sejauh dua ribu kilometer lebih yang diikuti jutaan santri-santri dari pesantren-pesantren tua di Pulau Jawa.

“Ini sangat luar biasa, 1 miliar lebih pembacaan salawat nariyah di seluruh nusantara menembus piagam recor dunia karena belum pernah ada terjadi di belahan bumi planet ini yang dilakukan seperti para santri di Indonesia‎,” tegas Jaya Suprana.

‎Piagam MURI tersebut pun diserahkan ‎kepada Ketua PBNU Said Aqil Siradj dan Sekjend PBNU Helmy Faisal.

“‎Luar biasa sekali, saya jadi ingin menitikkan air mata kalau ingat dulu sewaktu bersama Gus Dur di Istana Negara. Saya main piano, Beliau (Gus Dur) yang menyanyikan shalawatnya,” ucap dia.

Selain pemecahan rekor tersebut, para santri juga mengikuti upacara hari Santri Nasional 2016 yang dipimpin Wakapolri Komjen. Pol.  Sjafruddin selaku Inspektur Upacaranya.

Dalam amanatnya itu, Sjafruddin mengakui sejarah panjang ormas Islam khususnya Nahdatul Ulama dalam memperjuangkan kemerdekaan.  NU yang telah berdiri 90 tahun yang lalu adalah ormas Islam yang terbesar berperan langsung dalam membangun peradaban bangsa Indonesia.

“Kita harus menauladani peran para santri pendahulu kita. Kita meski bersyukur Indonesia memiliki berbagai rumpun bahasa, berbeda suku dan budaya namun bisa bersatu,” terang dia.

Dia juga mengapresiasi para santri yang hingga saat ini tetap konsisten peran strategisnya dalam mendorong setiap generasi kepemimpinan nasional dan berpotensi calon pemimpin nasional dan dimasa mendatang disiapkan sebagai pioner imtek dan Imtaq.

“Saya mengajak menjadi agen-agen kamtibmas yang menularkan semangat persatuan dan kesatuan serta menghindari tindakan yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan. Mari kita perkuat nilai-nilai saling menghargai saling mengikat toleransi. Pada kesempatan ini Polri mengucapkan selamat hari Santri Nasional,” tutup dia.

(Rimanews/Faisal)

Related Posts