Dewan Desak Pemkab Sambas Perbaiki Sejumlah PJU yang Rusak

Dewan Apresiasi Adanya Poli THT di RSUD Sambas

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Anggota DPRD Kabupaten Sambas, Lery Kurniawan Figo mendesak Pemerintah Kabupaten untuk memfungsikan lampu penerangan jalan umum yang tak telah rusak.

Ia mencontohkan, seperti yang terjadi di desa Sekura, kecamatan Teluk Keramat. Khususnya di sekitar pasar dan steigher penyeberangan yang sudah sejak lama lampu penerangan tersebut tidak menyala.

“Padahal lokasi tersebut merupakan akses utama warga, karena merupakan tempat penyeberangan. Penerangan jelas sangat dibutuhkan karena merupakan tempat aktivitas  memuat kendaraan dan barang,” ujar Lery Kurniawan Figo, Rabu (26/10).

Dikemukakan oleh Figo tempat gelap di sekitar penyeberangan pasar Sekura, dimanfaatkan oleh oknum anak-anak muda untuk mengkonsumsi minuman keras.

“Kondisi penyeberangan Sekura tanpa penerangan tersebut sudah berlangsung cukup lama. Masyarakat juga bingung ingin mengadukan hal tersebut kepada dinas apa, karena selama ini tidak jelas pembagian tugas mengenai kewenangan PJU kabupaten sambas ini yang menjadi kewenangan Bagian perlengkapan Setda Sambas,” jelas Figo.

Dirinya mempertanyakan peran pemda dalam hal pemeliharaan dan perbaikan penerangan jalan umum yang selalu dianggarkan dana perawatannya setiap tahun setiap kecamatan.

Pemerintah dalam hal ini menurut Figo harus proaktif, melakukan inspeksi secara menyeluruh terkait ketersediaan dan permasalahan sarana PJU tersebut, tanpa menunggu laporan dari masyarakat.

“Pemerintah juga diharapkan bisa mengakomodasi permintaan perluasan PJU. Jika pemeliharaan nya memberatkan melalui APBD, bisa dengan menggunakan tenaga surya sebagai alternatif. Pilihan ini malah efisien dan efektif untuk membantu PLN yang selama ini mengalami kelebihan beban dan kekurangan daya,” kata Figo.

(Gindra/dd)

Related Posts