Baking Soda Bisa untuk Membersihkan Peralatan Dapur

Thetanjungpuratimes.com – Membersihkan rumah merupakan aktivitas yang harus dilakukan secara rutin. Jika tidak, rumah akan tampak kacau, menjadi bau, dan kotor sekali.

Ketika membersihkan rumah, tentu Anda membutuhkan produk pembersih untuk membantu Anda menyingkirkan noda dan kotoran yang menempel. Misalnya, membersihkan peralatan dapur seperti piring, panci, dan sebagainya.

Namun, sabun cuci piring atau produk pembersih pada umumnya mengandung bahan kimia dan kurang ramah lingkungan. Jika Anda ingin cara yang praktis, memang Anda tak perlu repot dan cukup membeli produk pembersih yang populer digunakan banyak orang.

Akan tetapi, jika Anda ingin mencoba alternatif bahan pembersih rumah tangga, coba saja gunakan baking soda. Ya, bahan yang biasa digunakan dalam pembuatan kue ini, ternyata ampuh untuk membersihkan berbagai peralatan.

Baking soda atau natrium bikarbonat adalah senyawa netral yang terbentuk dari ion bermuatan positif atau kation, dan campuran dari ion bermuatan negatif atau anion. Baking soda ini memiliki kandungan pH di atas angka 7. Kandungan yang cukup tinggi daripada senyawa netral lainnya.

Oleh sebab itu, baking soda bisa juga dimanfaatkan untuk membersihkan berbagai peralatan dapur dan menyingkirkan bau tak sedap di dalam ruangan. Sebab baking soda akan bereaksi dengan asam di udara dan menetralkan bau tak sedap yang ada.

Namun agar manfaat baking soda bisa maksimal, baking soda perlu diganti secara berkala. Sebab seiring berjalannya waktu, baking soda akan kurang reaktif terhadap asam, sehingga kemampuannya berkurang untuk menghilangkan bau.

Selain baking soda, Anda bisa menambahkan cuka ketika membersihkan perabotan dapur. Campuran baking soda dan cuka akan menciptakan terjadinya reaksi antara asam dan basa yang ampuh untuk membersihkan kotoran.

(Suara/dd)

Related Posts