Ringkus Bandar Satwa Langka, Petugas Sita 200 Kg Trenggiling Sudah Dikuliti

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Petugas gabungan dari Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan dan Kehutanan dan Polda Kalbar mengungkap perdagangan ilegal hewan yang dilindungi Undang-Undang.

Penangkapan berlangsung di Jalan Tanjungpura, gang Martapura 2, Kecamatan Pontianak Selatan, pada Rabu (26/10). Dari penangkapan itu petugas juga menciduk dua orang pelaku berinisial LN (34) serta AB (50) beserta barang bukti.

“Kita dapatkan 40 ekor Trenggiling yang telah dikuliti seberat 200 kg, satu ekor Trenggiling dalam keadaan hidup, satu buah offset Trenggiling, 1 kg sisik Trenggiling, satu ekor kancil yang dikuliti seberat 1 kg, empat ekor tupai yang dipanggang seberat 1,5 kg dan satu unit mesin pembeku,” ujar, Kepala BPPH-LHK, David Muhammad melalui siaran persnya, Kamis (27/10).

Kata dia, pelaku akan dijerat dengan pasal 21 ayat (2) huruf a dan b atau d Jo Pasal 40 ayat (2) Undang-undang no 5 tahun 1990 tentang konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya Jo. Pasal 55 KUHP, dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara.

(Maulidi/dd)

Related Posts