Pameran Islam Internasional Promosikan Travel Haji dan Umrah Aman

Jakarta, thetanjungpuratimes.com – Penyelenggara International Islamic Expo 2016 mengharapkan kegiatan pameran Islami yang mempromosikan pariwisata Islami, umrah dan haji tersebut turut mengangkat persepsi masyarakat terhadap biro perjalanan haji khusus dan umrah berizin pemerintah yang aman.

“Pameran ini mempromosikan biro haji dan umrah yang berizin dari Kementerian Agama dan aman, yaitu terhindar dari unsur penipuan,” kata Ketua Umum Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia (AMPHURI) Joko Asmoro di sela acara International Islamic Expo 2016 di Jakarta, Jumat (28/10).

Selain itu, kata dia, pameran juga untuk memperbarui pengetahuan masyarakat tentang perkembangan perjalanan haji khusus dan umroh yang hemat.

Menurut Joko, saat ini banyak masyarakat yang mengalami penipuan saat mengunakan jasa travel haji khusus dan umrah tidak berizin. Salah satu modus yang digunakan travel abal-abal adalah menawarkan paket wisata religi yang hemat meski sejatinya berisiko tinggi karena rentan penipuan.

Salah satu contoh penipuan kepada jamaah, kata dia, adalah tidak diberikannya fasilitas sesuai janji di awal. Terdapat kasus jamaah dijanjikan mendapatkan penginapan bagus saat umrah tetapi pada praktiknya mereka mendapatkan tempat inap yang jauh dari standar.

International Islamic Expo 2016 sendiri digelar pada 28-30 Oktober 2016 di Assembly Hall, JCC Senayan, Jakarta.

Total terdapat 135 gerai yang membuka pamerannya yang terkait dengan haji khusus dan umrah. Di antara peserta pameran tersebut seperti sejumlah hotel di Arab Saudi, maskapai penerbangan, transportasi bus, katering, restoran, agen travel, bank syariah dan jenis gerai lainnya.

“Peserta pameran tentu adalah mereka yang memiliki reputasi baik, kami undang mereka. Pameran ini memang jadi barometer turisme Islami, umrah dan haji,” katanya.

(Ant/dd)

Related Posts