Turki Mutasi Sepertiga Kepala Kepolisian Daerah

Turki, thetanjungpuratimes.com – Turki memutasi sepertiga kepala kepolisian daerah sebagai kelanjutan dari upaya untuk menyingkirkan orang-orang yang menentang pemerintah pascakudeta gagal Juli lalu.

Sejak 15 Juli, Turki sudah menangkap 35 ribu orang dan memecat atau menskors lebih dari 100 ribu pegawai negeri, hakim dan polisi.

Ankara mengatakan, tindakan ini dilakukan untuk membasmi pendukung Fethullah Gulen, yang dituding sebagai otak di balik kudeta, meski ia sudah berulang kali membantahnya.

Pejabat Turki mengatakan Kementerian Dalam Negeri meningkatkan upaya untuk membersihkan institusi kepolisian dan lembaga-lembaga negara lainnya sejak akhir Agustus, bertepatan dengan penunjukan Suleyman Soylu, orang dekat Recep Tayyip Erdogan, sebagai menteri.

Kepala kepolisian di 61 dari 81 provinsi di Turki telah dimutasi, Reuters melaporkan, Rabu (26/10/2016). Sekitar 81 polisi di Istanbul juga ditangkap, menurut kantor berita Dogan.

Dogan menambahkan bahwa surat perintah penangkapan terhadap 125 anggota polisi Istanbul telah dikeluarkan dan pasukan keamanan sedang memburu sisanya.

Surat perintah penangkapan terhadap 55 polisi Izmir juga sudah dibuat. Sebelumnya, polisi menangkap 30 dosen dan mahasiswa dari universitas terbesar di provinsi tersebut.

Sejumlah pengamat menilai Erdogan sebagai orang yang paling diuntungkan akibat kudeta karena dapat menggunakannya sebagai dalih untuk menghabisi rival-rival politiknya.

(Rimanews/Faisal)

Related Posts