Dana Desa Belum Bisa Merangkum Semua Kebutuhan

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Bendahara Desa Arang Limbung Ekis Suryani  mengatakan, sepanjang tahun 2016 ini ADD dan DD khususnya di Desa Arang Limbung Kabupaten Kubu Raya adalah sebesar Rp743 juta untuk ADD, dan  Rp752 juta untuk DD.

“Dana ADD sendiri sudah cair dan semua pelaksanaanya juga sudah terealisasikan semuanya, cuma tinggal gaji-gaji, honor-honor dan insentif  yang sampai bulan Desember,” terang dia, Senin (31/10).

Dia menerangkan, di Desa Arang Limbung ini ada 100 RT, sedangkan dana desa jumlahnya tujuh ratus juta lebih, ternyata belum cukup juga untuk proses pembangunan, karena sistem yang digunakan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) adalah sistem bergulir.

“Artinya jika salah satu RT sudah terealisasikan di tahun ini, maka yang belum  terealisasikan pembangunannya akan direalisasikan pada tahun depan nanti,” terangnya.

Menurutnya, jika didengar dana desa itu sangat besar, namun untuk merealisasikannya dana itu masih kecil, namun tahun ini jumlah keseluruhan dana ADD dan DD berkisar sekitar Rp1,5 Miliar, itu pun termasuk gaji-gaji pegawai, gaji RT, insentif perangkat desa, dan ATK yang dibutuhkan oleh Pemdes termasuk pembangunan kantor desa juga terangkum menjadi satu.

(Viky/Faisal)

Related Posts