Pakistan-India Saling Usir Staf Kedubes

India, thetanjungpuratimes.com – India menuduh staf kedutaan besar Pakistan di New Delhi terlibat aktivitas spionase dan langsung mengusirnya sehingga memperburuk hubungan kedua negara tetangga tersebut. Sebagai balasan, Pakistan juga memerintahkan staf kedubes India di Islamabad untuk kembali ke negara asalnya karena telah melanggar “norma-norma diplomatik”.

Polisi India mengatakan, mereka berhasil membongkar jaringan mata-mata Mehmood Akhtar, yang bekerja di divisi visa Komisi Tinggi Pakistan di New Delhi. Akhtar, menurut polisi, tertangkap tangan menerima dokumen militer dari dua warga India pada Rabu.

Dalam sebuah pernyataan, polisi India mengatakan telah menyita “dokumen berisi informasi vital terkait penugasan pasukan angkatan darat dan paramiliter” di sepanjang perbatasan dengan Pakistan yang memiliki “dampak serius bagi keamanan nasional”.

Akhtar sudah diberikan status “persona non grata karena terlibat aktivitas spionase”, tulis Vikas Swarup, juru bicara kementerian luar negeri India, di Twitter.

Pada Kamis, Pakistan juga memberikan status persona non grata atau orang yang tidak diinginkan masuk ke negara mereka kepada pegawai kedubes India, Surjeet Singh. Kementerian luar negeri Pakistan mengatakan Singh telah melanggar “norma-norma diplomatik”.

Pakistan memberikan waktu hingga Sabtu kepada Singh dan keluarganya untuk kembali ke India.

Hubungan India dan Pakistan kembali memanas setelah kelompok bersenjata menewaskan 19 tentara India yang ditugaskan di kamp militer Kashmir September lalu. India menuding Pakistan berada di balik serangan.

(Rimanews/Faisal)

Related Posts