Edi Kamtono Tak Yakin Ada WNA Miliki E-KTP Asli

Pontianak, thetanjungpuratimes.com-Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, meragukan keaslian KTP Elektronik yang dimiliki Warga Negara Asing (WNA).

“Kalau warga asing mempunyai E-KTP kita ragukan keasliannya, harusnya kan tidak bisa seperti itu, coba dicek, itu saya yakin itu nggak asli, kalau itu dimiliki warga negara asing,” kata Edi di Pontianak, pada Selasa (1/11/2016).

Menurut dia, dalam pembuatan E-KTP, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil mempunyai prosedur dan tahapan yang jelas, sehingga kecil kemungkinan akan bobolnya sistem tersebut.

“Karena itu kan ada rekam jejaknya jelas, iris mata sama sidik jari, dan dia harus punya kartu keluarga, sama identitas dan keterangan lainnya,” tambah Edi.

Kata Edi Kamtono, Disdukcapil Kota Pontianak sudah cukup jeli untuk mengantisipasi bobolnya sistem yang dimiliki. Namun pihaknya selalu mengantisipasi agar kejadian itu tidak terjadi.

“Saya rasa kita sudah jeli, Disdukcapil itu tidak sembarangan memberikan E-KTP ke sembarang orang, karena ini data setiap orang sudah terekam di pusat,  jadi jelas gitu terekamnya. Kita harus antisipasilah, selama ini juga kita sudah antisipasi, saya yakin kita di Pontianak cukup jeli,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang warga negara Malaysia bernama Pabayo Lau atau Lau Eou Chung tertangkap memiliki E-KTP dengan domisili Kota Singkawang.

Pabayo Lau diamankan Tim Pengawas Orang Asing (Tim PORA) Provinsi Kalbar pada 14 Juli lalu.

(Agustiandi/Muhammad)

Related Posts