843 Kendaraan Dinas Pemkab Sambas Belum Diketahui Keberadaannya

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Sambas Jamiat Akadol mengungkapkan saat ini baru sekitar 714 unit sepeda motor dan 164 mobil dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sambas yang sudah diinventarisir.

“Jumlah ini pun masih jauh dari total kendaraan dinas yang tercatat di Bagian Perlengkapan Setda Kabupaten Sambas,” katanya, Rabu (9/11).

Menurutnya, masih banyak yang belum diinventarisir, karena sesuai dari data bagian Perlengkapan total kendaran dinas untuk roda dua sebanyak 1413 unit, dan roda empat ke atas sebanyak 308 unit.

Pemkab katanya masih memberi waktu, agar seluruh kendaraan dinas yang ada diinventarisir.

“Kita tetap beri waktu karena ada diantaranya yang barangnya itu di kecamatan. Misalnya yang berada di Dinas Kesehatan, mau dibawa ke sini (Kantor Bupati) sulit, tapi kita minta untuk dinas yang bersangktuan menginventarisir yang selanjutnya dilaporkan ke kita,” katanya.

Tujuan menginventarisir kendaraan dinas menurutnya, untuk mengetahui apakah kendaraan tersebut masih ada, atau sudah tidak ada, masih berlaku atau tidak STNK dari kendaraan tersebut, hal-hal seperti itulah yang akan didata.

“Supaya terdata jelas, kalau ternyata setelah dinventarisir bisa dipakai ya dipakai lagi,” katanya.

Paling tidak tegas Sekda, November 2016 masalah aset ini harus selesai, namun kalau kondisinya masih dipakai, dikembalikan ke pemakainya, lain halnya yang telah pensiun yang disarankan Sekda agar kendaraanya di pegang, atau disimpan dulu menunggu kebijakan.

“Apakah mau dilelang atau tidak itu keputusan Bupati Sambas,” katanya.

Sekda Sambas juga sudah menyampaikan ke beberapa kepala SKPD terkait dengan masih banyaknya kendaraan dinas yang belum dilakukan inventarisasi. Seperti Kepala BLH Sambas, juga sudah disampaikan.

Lantaran sesuai data Bagian Perlengkapan, BLH terdapat tiga mobil tapi belum ada laporan. Kemudian ada sektiar 18 unit motor, baru satu yang dilaporkan.
Dan untuk SKPD terbanyak kendaraan dinasnya, ada di Dinas Kesehatan dan bagian penyuluhan.

Di Dinas Kesehatan jelasnya, motor terdapat 346 unit, yang sudah dilaporkan 234 unit atau masih sisa 112 unit belum dilaporkan. Mobil, terdapat 54 unit dan yang sudah dilaporkan 29 unit.

Sementara bagi yang belum menginventarisir kendaraan dinas, Sekda sudah mengingatkan kembali untuk segera dilaporkan.

“Karena dengan dilaporkan, akan jelas. Apakah memang masih ada atau tidak. Sehingga bisa dicocokkan dengan data yang ada,” pungkasnya.

(Gindra/Faisal)

Related Posts