Dalam Satu Tahun Keperluan Blangko E-KTP di Sambas Capai 50 Ribu Keping

E-ktp Sekadau Kalbar

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sambas Sunaryo mengatakan, stok blangko KTP Elektronik sudah mulai kosong sejak beberapa bulan terakhir.

Akibat kekosongan blangko tersebut, pihaknya terpaksa mengganti E-KTP tersebut dengan mengeluarkan surat keterangan pengganti KTP Elektronik.

“Karena stok blangko sedang kosong, untuk mengganti E-KTP sementara dikeluarkan surat keterangan sementara pengganti KTP. Surat keterangan sementara dapat dipergunakan sebagai pengganti KTP Elektronik,” ujar Sunaryo, Jumat (11/11).

Dikemukakan oleh Sunaryo, untuk blangko E-KTP kemungkinan baru tersedia pada minggu ketiga bulan ini. Ia menjelaskan penggunaan surat keterangan sementara sebagai pengganti E-KTP, merupakan langkah mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Sehingga dengan demikian, pelayanan mulai dari perekaman dan yang lainnya dapat diberikan kepada masyarakat.

“Keperluan blangko KTP untuk kabupaten Sambas mencapai 50 ribu keping dalam satu tahun,”jumlah tersebut untuk penerbitan KTP yang baru, penggantian status dari pemegang identitas. Seperti status perkawinan, pekerjaan, serta yang lainya,” ungkap Sunaryo.

Dikatakan kewenangan pencetakan E-KTP di kabupaten Sambas dimulai sejak tahun 2015 yang lalu, dengan jumlah pencetakan sejak 2015 hingga sekarang telah mencapai 65 ribu keping.

“Dari jumlah yang sudah dicetak tersebut, kita perkirakan keperluan setiap tahun 45 ribu hingga 50 ribu keping,” terang Sunaryo.

Sementara untuk perekaman E-KTP dikabupaten Sambas menurut Sunaryo, hingga saat ini masih belum mencapai 100 persen.

“Masih belum mencapai 100 persen, lantaran terdapat warga kabupaten Sambas yang bekerja diluar kabupaten Sambas. Juga mereka yang belajar diluar Sambas,” tutur Sunaryo.

(Gindra/dd)

Related Posts