Jarah Ikan di Perairan Indonesia, Delapan Kapal Vietnam Diamankan

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Delapan kapal motor Vietnam yang di amankan pihak Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Pontianak pada Selasa (8/11) di Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia di laut China Selatan telah merapat di stasiun PSDKP Pontianak pada pukul 16:00 WIB.

Kepala PSDKP Pontianak Erik Sostenes Tambunan, menyebutkan penangkapan kapa-kapal itu dilakukan oleh KP Hiu Macan 01 lantaran setelah diperiksa kapal-kapal dari Vietnam tersebut tidak memiliki dokumen perizinan yang sah dari Indonesia, dan menggunakan alat tangkap yang dilarang.

“Saat ini pihak dari PSDKP akan melakukan pemeriksaan terhadap 53 ABK yang diduga seluruhnya berwarga negara Vietnam,” katanya, Sabtu (12/11).

Menurutnya, untuk melakukan pemeriksaan diperlukan juru bahasa untuk mengklarifikasi terhadap berapa lama kapal itu melakukan penangkapanan ikan, dan sudah berapa lama berada di perairan Indonesia.

“Adapun barang bukti yang berhasil kami amankan adalah alat komunikasi, GPS, alat tangkap yang dipergunakan untuk menangkap ikan, serta beberapa jenis ikan yang berhasil ditangkap oleh kapal-kapan itu,” pungkasnya.

(Maulidi/Faisal)

Related Posts