Tahun Depan, Pemkab Kapuas Hulu Lakukan Lelang Jabatan

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir SH memastikan sistem lelang jabatan akan segera dilakukan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, adapaun posisi jabatan yang bakal di lelang adalah posisi pejabat eselon II, atau setara posisi Kepala Dinas.

“Untuk posisi pejabat SKPD, pak Sekda sudah koordinasi ke Pusat, sebab untuk eselon II itu mesti lelang jabatan. Nanti tunggu kejelasan dari hasil koordinasi Sekda ke Mendagri,” ujarnya, Senin (14/11).

Kalau dilihat dari tahapan pelelangan, Nasir menegaskan paling tidak Januari tahun 2017 baru bisa lakukan lelang jabatan di Kapuas Hulu, sedangkan pengukuh pejabat yang terpilih dari lelang itu sendiri tentu dilakukan setelah selesai ujian lelang jabatan tersebut.

Bupati dua periode ini menegaskan, lelang jabatan tersebut tidak bisa dipaksakan untuk dilakukan tahun 2016 ini, sebab SOPD Kapuas Hulu ada perubahan, dan perubahan SOPD itu tentu perlu persiapan teknis pekerjaan.

“Tahun 2016 ini memang belum bisa lelang dan pelantikan, sudah saya bahas bersama pak Sekda,” tuturnya.

Perda dari Gubernur Kalbar tentang perubahan SOPD tersebut sudah turun ke kabupaten. Karena ada tahap-tahap pemerintahan sudah baru, menurut Bupati tentu Sekda Kapuas Hulu perlu berkoordinasi lagi ke Pemerintah Pusat. Seperti teknis pekerjaan dan sebagainya itu perlu di selesaikan.

“SOPD inikan sudah final dan sudah ada Perdanya, tinggal kita sesuaikan,” ujar Nasir.

Sehubungan dengan posisi pejabat eselon II yang saat ini ditempati Pejabat Pelaksana Tugas (Plt), Nasir mengatakan, hal tersebut akan bertahan sementara hingga tahun 2017. Dia pun tidak berani memastikan bahwa pejabat Plt di posisi Kepala Dinas saat ini semuanya akan didefinitifkan.

“Bagi mereka yang Plt posisi Kepala Dinas saat ini, mereka memang tidak bisa di devinitifkan, kita kan harus lelang,” tegas Nasir.

(Yohanes/Faisal)

Related Posts