Sekolah Lima Hari Mulai Diterapkan Semester Depan

Pontianak, thetanjungpuratimes.com Wali Kota Pontianak Sutarmidji mengatakan semester depan akan diterapkan sistem sekolah lima hari dalam seminggu untuk pelajar Sekolah Dasar (SD).

“Untuk SD di Pontianak ini sudah bisa, seminggu cukup sekolah lima hari saja. Kami akan terapkan awal tahun, semester depan, semester genap, kalau bisa SMP juga,” katanya, Senin (14/11).

Diakuinya kebijakan tersebut sudah dikaji sejak lama, bahkan sebelum pergantian Mendikbud dari Anies Baswedan ke Muhadjir Effendy.

Program ini, lanjut Midji, sebenarnya tidak akan mengurangi jam belajar anak. Hanya harinya saja yang dikurangi. Jam pelajarannya disesuaikan, artinya dalam hari tersebut akan ada tambahan jam belajar.

“Satu hari ditambah satu jam sudah cukup. Saya yakin itu bisa diwujudkan, jadi biar anak bisa bermain di hari Sabtu dan Minggu,” jelasnya.

Lebih jauh ia mengatakan, untuk menunjang program tersebut maka perlu dipersiapkan fasilitas yang membuat pelajar nyaman ketika berada di sekolah.

“Jangan membiarkan anak-anak lama di sekolah tapi tidak nyaman, sama juga menyiksa jika seperti itu. Fasilitas sekolah di Pontianak ini sudah cukup baik,” ucapnya.

(Agustiandi/dd)

Related Posts