Pemkab Melawi Data Rumah Ibadah

Melawi, thetanjungpuratimes.com – Pemerintah Kabupaten Melawi mulai melakukan pendataan rumah ibadah.

Pendataan tersebut juga mengambil titik kordinat dan dilakukan pemetaan secara langsung.

Kabag Kesra Melawi, Oslan Junaidi mengatakan, anggaran untuk pendataannya baru akan diusulkan pada APBD Perubahan. Namun pelaksanaan di lapangan sudah dilakukan dengan menggunakan tenaga teknis yang mengambil titik koordinat dan pemetaannya.

“Saat ini yang sudah terdata oleh kita ada sebanyak 110 tempat ibadah kita data. Terdiri dari Masjid, Gereja, Vihara, Klenteng, serta rumah ibadah lainnya. Pendataan ini di seluruh desa dan dusun,” kata dia, Rabu (16/11).

Lebih lanjut, Olsan mengatakan, dengan adanya pendataan ini nantinya, maka akan menjadi bahan rujukan pemberian bantuan. Jika ada yang mengajukan, akan diketahui secara otomatis di sistem bahwa rumah ibadah yang diajukan tersebut sudah dapat.

“Di dalam aturan nomor 14 tahun 2016. Dimana bantuan tidak boleh diberikan kepada rumah ibadah serta organisasi dan lembaga lainnya, setiap tahun. Jadi dengan data itu, maka akan ketahun, mana rumah ibdah yang sudah dibantu dan mana rumah ibadah yang belum,” ucapnya.

Bantuan kepada rumah ibdah tersebut berupa dana Hibah melalui Bantuan Sosial Pemkab Melawi. Dengan database nantinya, maka dana untuk memberikan bantuan itu bisa lebih irit dan selain itu tepat sasaran.

“Jika pemberian bantuan ke rumah ibadah bisa lebih irit, maka bisa diberikan untuk bantuan lainnya yang juga memberikan manfaat bagi orang banyak. Dengan begitu pula, pemberian bantuan kepada rumah ibadah bisa merata,” terangnya.

(edi/dd)

 

Related Posts