Semua Elemen Masyarakat di Kapuas Hulu Ikrarkan Hidup Damai

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Pemerintah Kapuas Hulu serta masyarakat dan pihak keamanan mengikrarkan diri untuk terus menjaga kedamaian.

“Pada hari ini kita menyatakan ikrar, bahwa kita tidak mudah dipecah belah, kita tetap bersatu dan hidup damai,” tegas Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero, usai apel besar kebhinekaan dan cinta damai di halaman Setda Kapuas Hulu, Kamis (17/11).

Ditegaskan Anton Pamero, semua elemen masyarakat di Bumi Uncak Kapuas harus terus menjaga kesatuan berbagai suku dan agaman. Masyarakat  jangan sampai terprovokasi berbagai isu dan kejadian di daerah luar.

“Kita di Kapuas Hulu harus jaga situasi yang kondusif, tertib, aman dan damai,” ujarnya.

Untuk mencegah kesalahpahaman, Wabup mengharapkan tokoh masyarakat, tokoh adat dan toko agama membantu pemerintah memberi penjelasan yang menenangkan dalam menyikapi permasalahan yang ada. Demikian juga forum-forum seperti FKUB, diharapkan aktif memberi pemahaman kepada seluruh elemen masyarakat di Kapuas Hulu tentang pandangan dari sisi keagamaan.

“Kita harus mengamankan di daerah kita sendiri, terlebih dahulu, jangan ikut-ikutan yang di luar daerah. Apalagi kita belum paham maksud dan tujuan dari peristiwa itu, apakah itu perbuatan iseng atau memang untuk tindakan disengaja untuk membuat kalut, maksud sebenarnya tidak ada yang tahu,” pungkas Anton.

Untuk itu masyarakat jangan mudah terpengaruh apabila ada kelompok-kelompok atau pihak-pihak yang ingin mendangkalkan pemikiran, sehingga  memecah persatuan dan kesatuan bangsa.
Bagi masyarakat Kapuas Hulu yang mungkin berada di luar daerah, hendaknya bisa menjaga keamanan diri sendiri.

“Bagi warga Kapuas Hulu diluar akan lebih baik fokus saja pada profesi pekerjaan masing-masing, jangan terpengaruh situasi yang kalut,” tutup Anton Pamero.

(yohanes/dd)

Related Posts