Pemkab Kapuas Hulu Perlu Buat Hidran Baru

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu perlu membuatan hidran baru untuk mengantisipasi bencana kebakaran. Sebab hidran yang ada saat ini sudah tua dan jumlahnya pun bisa dihitung dengan jari.

Direktur Utama PDAM Kapuas Hulu, Saini Hadi mengatakan hidran yang sudah ada di kota Putussibau memang masuk ke jaringan PDAM. Hingga sekarang hidran tersebut masih berfungsi dan dapat mengeluarkan air jika dibutuhkan untuk penanganan kebakaran.

“Asal jaringan pipa umum ngalir, bisa ngalir juga di hidrannya,” ungkap Saini, Jumat (18/11)

Agar lebih lancar, kata Saini pihak-pihak terkait perlu merawat kepala hidran tersebut karena sekarang kondisinya berakarat. Dijelaskannya, hidran yang hanya ada di Jalan D.I Panjaitan dan M Yamin kota Putussibau ini tidak ada tampungan khusus dibawahnya, berbeda dengan tendon air yang dibuat Satpol PP tahun lalu. Hidran yang sudah tua itu langsung masuk pada jaringan pipa distribusi PDAM.

“Sepajang pompa PDAM jalan, air didalam jaringan tersebut akan tetap ada dan bisa diambil melalui hidran tersebut,” terangnya lagi.

Terkait pengadaan hidran baru, kata Saini mungkin saja bisa diadakan dari instansi teknis yang menangani kebakaran. Sebab PDAM tidak bisa untuk pembuatan hidran tersebut. Jika ada yang mau buat hidran dan butuhkan saluran air bersih maka PDAM siap membantu.

“Kalau bangun hidran dan butuh sambungan ke jaringan pipa PDAM tinggal koordinasi saja, kami akan bantu,” tegasnya.

Menurut Saini, debit air di jaringan air bersih PDAM masih mendukung jika ada pembuatan hidran baru.

“Selama ini kita evaluasi belum ada yang macet berkepanjangan, kalau pun tidak ngalir satu hari itu biasanya karena ada kendala teknis. Jadi saya rasa masih bisa untuk hidran seumpama dari Satpol PP mau membuatnya lagi untuk antisipasi kebakaran di Putussibau,” tutupnya.

(yohanes/dd)

 

Related Posts