Pemkab Kubu Raya Terapkan Sistem ‘Jemput Bola’ Dalam Pelayanan Kesehatan

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Kiat Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dalam memberi pelayanan prima kepada masyarakat terus ditingkatkan, yaitu dengan cara sistem jemput bola yang datang langsung ke desa-desa memberi pelayanan secara langsung, tertib dan tentunya tanpa antrean panjang.

“Melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat secara berkelanjutan rutin mengadakan layanan kesehatan. Kita ingin memberi layanan kepada masyarakat kita, agar semua terlayani dengan baik dan mendapat pemeriksaan kesehatan awal dengan maksimal,” ujar Bupati Kubu Raya, Rusman Ali.

Pada Jumat-Sabtu layanan Kesehatan diadakan di Balai Desa Pulau Limbung Kecamatan Sungai Raya. Dengan upaya memberikan pelayanan terbaik untuk mensejahterakan serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakatnya, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya tidak henti-hentinya memberi pelayanan kesehatan masyarakat.

“Kegiatan layanan kesehatan yang dilaksanakan di desa memberikan berbagai pelayanan kesehatan secara cuma-cuma atau gratis kepada masyarakati ini merupakan pelayanan kesehatan jemput bola dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, kegiatan yang dicanangkan Bupati Kubu Raya Rusman Ali dan Wakil Bupati Hermanus dan seluruh aparatur Pemkab Kubu Raya mewujudkan kesehatan, dan hidup sehat masyarakat secara berkesinambungan dengan geliat peran serta seluruh elemen masyarakat dengan aktif datang ke pusat-pusat pelayanan kesehatan yang didatangkan ke desa-desa.

Menanggapi keluhan masyarakat di empat desa yang jauh di Kecamatan Sungai Raya, yakni Pulau Limbung, Pulau Jambu, Gunung Tamang, dan Muara Baru terkait dengan kesulitan akses untuk rawat inap dan rujukan ke puskesmas yang fasilitasnya sudah lengkap untuk penyakit tertentu.

Rusmam Ali meminta Dinas Kesehatan agar mengoptimalkan puskesmas keliling sebagai solusinya.

“Kita kan memiliki fasilitas puskesmas keliling, fasilitas ini kita akan jadikan sarana untuk jemput jika ada masyarakat kita yang harus dirujuk dari poskesdes maupun pustu jadi kan bisa lebih cepat, sehingga masyarakat kita terlayani, contohnya saja di Desa Pulau Limbung misalnya, kalau dirujuk kan harus ke Puskesmas Sungai Durian di Sungai Raya, kalau menggunakan motor air akan memakan waktu lama, sementara masyarakat
harus kita rangani segera,” terangnya.

Untuk itu, katanya pemerintah akan manfaatkan speed puskesmas keliling untuk jemput kan bidannya tinggal telepon ke pusat layanan kesehatan di Dinas Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, dr. Berli Hamdani menjelaskan bahwa Dinas Kesehatan terus berupaya meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat debgan berbagai program pelayanan langsung. Untuk penggunaan fasilitas puskesmas keliling sebagai sarana untuk penjemputan masrakat yang jauh dan harus dirujuk, akan dipelahari dulu kesiapan SDMnya.

“Untuk itu, kita akan pelajari dulu, karena banyak hal yang harus kita siapkan mulai dari sarana dan prasarananya. Termasuk SDMnya karena harus ada tenaga medis yang mendampingi yang harus selalu stanby.

Namun, kata Berly jika memungkinkan pihaknya akan segera dilakukan, karena yang terpenting adalah masyarakat dapat terlayani dan tertolong dengan cepat.

Kepala Desa Pulau Limbung Usmandi mengatakan, masyarakat sangat menyambut dengan diadakannya kegiatan ini masyarakat bisa menggunakannya dengan baik untuk pemerikasaan awal deteksi dini tentang kesehatan.

“Kami harapkan kedepan kegiatan ini terus berlanjut dan berkesinambungan dengan pemeriksaan yang lebih banyak dan mendetail,” ujarnya.

(Viky/Faisal)

Related Posts