Instagram Kenalkan Fitur Video Live

Thetanjungpuratimes.com – Instagram pada Senin (21/11) meluncurkan beberapa fitur baru, yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk menyiarkan video live dan mengunggah foto atau video ephemeral – konten yang segera menghilang setelah dilihat.

Fitur pertama, Live Video akan melengkapi fitur Instagram Stories yang sudah diluncurkan sejak Agustus lalu. Dengan fitur baru ini, pengguna Instagram bisa menayangkan dan menyiarkan video kegiatan atau peristiwa di sekitar Anda secara langsung.

Cara menggunakan fitur ini cukup mudah. Anda hanya perlu menggeser feed ke kanan untuk membuka kamera, lalu tekan tombol “Start Live Video”, dan mulailah berbagi momen Anda secara langsung. Durasi untuk video ini dibatasi hanya satu jam.

Fitur ini sebenarnya mirip dengan Facebook Live atau Periscope milik Twitter. Yang berbeda adalah, video live pada Instagram hanya bisa disaksikan benar-benar secara langsung. Dengan kata lain, Instagram tak menyimpan video live sehingga tak bisa disaksikan setelah tayangan berakhir.

Yang kedua adalah konten ephmeral yang merupakan penambahan pada fitur Instagram Direct. Dengan fitur ini Anda bisa mengirim video atau foto langsung kepada teman atau grup di Instagram Direct.

Setelah foto atau video itu dilihat oleh orang yang dituju, maka ia akan secara otomatis menghilang.

Meski demikian, seperti yang dibeberkan CNNMoney, Instagram sendiri masih menyimpan konten-konten ephemeral tersebut selama waktu tertentu, agar dapat dievaluasi jika ada laporan pelanggaran dari pihak lain atau otoritas yang berwenang.

Kedua fitur ini rencananya akan mulai bisa dinikmati oleh ratusan juta pengguna Instagram di dunia dalam sepekan mendatang.

(Suara/dd)

Related Posts