Pemkab Kubu Raya akan Maksimalkan Layanan Kesehatan

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Kesehatan setempat akan memaksimalkan layanan kesehatan secara langsung kepada masyarakat dengan membenahi berbagai pelayanan yang diperlukan pada tahun 2017 mendatang.

“Ini menjadi komitmen dari Pemkab Kubu Raya untuk terus meningkatkan layanan kepada masyarakat, salah satunya melalui layanan kesehatan. Namun kami akan pelajari dulu, karena banyak hal yang harus disiapkan mulai dari sarana dan prasarananya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Berli Hamdani, di Sungai Raya, Selasa (22/11).

Tidak hanya sarana dan prasarana kesehatan saja yang akan dikembangkan, menurutnya pula, SDM yang ada juga akan terus ditingkatkan.

Saat ini, pihaknya memaksimalkan layanan kesehatan dengan sistem jemput bola dengan membuka beberapa posko kesehatan keliling di pusat desa agar masyarakat bisa semakin menjangkau layanan kesehatan.

“Dinas Kesehatan terus berupaya meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat dengan berbagai program pelayanan langsung, termasuk untuk penggunaan fasilitas puskesmas keliling sebagai sarana penjemputan masyarakat yang jauh dan harus dirujuk ke rumah sakit,” ujarnya lagi.

Bupati Kubu Raya Rusman Ali menegaskan siap untuk memberikan pelayanan terbaik guna menyejahterakan serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Kegiatan layanan kesehatan yang dilaksanakan di desa memberikan berbagai pelayanan kesehatan secara cuma-cuma atau gratis kepada masyarakat ini merupakan pelayanan kesehatan jemput bola dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” kata Rusman Ali.

Selain itu, kegiatan dicanangkan Bupati Kubu Raya Rusman Ali dan Wakil Bupati Hermanus beserta aparatur Pemkab Kubu Raya untuk mewujudkan kesehatan dan hidup sehat masyarakat secara berkesinambungan dengan peran serta seluruh elemen masyarakat yang aktif datang ke pusat-pusat pelayanan kesehatan didatangkan ke Desa.

Hal itu dilakukan menanggapi keluhan masyarakat pada empat desa yang jauh di Kecamatan Sungai Raya, yakni Pulau Limbung, Pulau Jambu, Gunung Tamang, dan Muara Baru terkait kesulitan akses rawat inap dan rujukan ke puskesmas yang fasilitasnya sudah lengkap untuk penyakit tertentu.

Rusmam Ali meminta Dinas Kesehatan agar mengoptimalkan puskesmas keliling sebagai solusinya.

“Kami memiliki fasilitas puskesmas keliling, fasilitas ini akan dijadikan sarana untuk menjemput jika ada masyarakat yang harus dirujuk dari poskesdes maupun pustu agar bisa lebih cepat,” kata Rusman Ali pula.

(Ant/dd)

Related Posts