Kaderisasi Mahasiswa Baru Jurusan Fisika FMIPA Untan

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Himpunan Mahasiswa Fisika Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Tanjungpura mengadakan kegiatan kaderisasi mahasiswa baru Jurusan Fisika yang terdiri dari program studi Fisika dan program studi Geofisika, yang diberi nama Pelatihan untuk Saintis Fisika (PUSAKA) 2016.

Pusaka sebelumnya bernama Trafic namun berubah pada tahun 2012 tetapi tetap dengan tujuan yang sama yaitu pengkaderan untuk mahasiswa baru Jurusan Fisika. Pusaka sendiri bertujuan meningkatkan mutu akademik mahasiswa baru, memberikan gambaran  kepada mahasiswa baru mengenai dunia pendidikan, memberikan pemahaman mengenai organisasi dan yang paling penting menciptakan rasa kekeluargaan antar mahasiswa Jurusan Fisika.

Kegiatan yang diadakan tanggal 19 November 2016 di gedung baru Fakultas MIPA dan Museum Kalbar dibuka oleh Ketua Jurusan Fisika Fmipa. Acara ini dihadiri ketua Lembaga KM FMIPA dan sekitar 89 orang peserta serta kepanitiaan sebanyak 60 orang.

Ketua jurusan Fisika Muliadi mengatakan menjadi mahasiswa harus mengerti mengenai pentingnya pengkaderan, oleh karena itu kegiatan Pusaka wajib untuk dilakukan bagi mahasiswa baru sebab pada saat setelah lulus kuliah selain ijazah juga akan disertakan surat pendamping organisasi.

“Kunci sukses mahasiswa ada tiga yaitu mahasiswa yang tekun belajar, mahasiswa yang aktif organisasi dan mahasiswa yang aktif di keduanya,” ungkapnya.

Sementara itu, ketua Himpunan Mahasiswa Fisika Muhammad Arief mengatakan pada kegiatan Pusaka ini mahasiswa baru akan diberikan beberapa materi yang bermanfaat yang fungsinya untuk dunia perkuliahan dan dunia sehari-hari seperti public speaking.

Acara Pusaka ini secara simbolis dibuka dengan pelepasan balon oleh panitia dan papermove oleh mahasiswa baru di Gedung Mipa baru dan dilanjutkan dengan pemberian materi Public Speaking untuk Mahasiswa baru oleh Nircho Dwi Anggoro yang sudah memiliki banyak pengalaman di bidang organisasi sebagai Ketua BEM, Wapres, dan Presma FMIPA di Museum Kalbar.

(Matilda/dd)

Related Posts