Rutan Klas IIB Sambas Over Kapasitas

Tahanan Rutan Sambas Kabur

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Kepala rumah tahanan negara (Rutan) Klas IIB Sambas, Iman Siswoyo mengatakan, diperkirakan sampai bulan Desember mendatang penghuni rutan Sambas bisa mencapai 300 orang.

“Selain itu banyak juga sarana dan prasarana yang menunjukan tanda-tanda kerusakan seperti tembok keliling yang menjadi peran penting dalam upaya pengamanan,” katanya, Selasa (22/11).

Terkait dengan bangunan Rutan yang miring, belum lama ini, katanya dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sambas pernah melakukan pemantauan, dan dinas jika kemiringan bangunan terjadi lantaran pengaruh dari struktur tanah yang berpengaruh pada bangunan diatasnya.

Dikatakan kapasitas rutan Sambas seharusnya hanya untuk 210 penghuni, akan tetapi saat ini rutan Sambas dihuni oleh lebih dari jumlah tersebut.

“Rutan Sambas dinilai sudah over kapasitas, karena seharusnya dihuni oleh 210 orang namun sampai hari ini sudah mencapai 270 orang,” terangnya.

Iman juga mengemukakan selama mengabdi di rutan Sambas, dalam waktu setahun ini. Ia melaksanakan tugas selalu berpedoman pada pelayanan terbaik, selalu mengutamakan Hak Asasi manusia (HAM), dan menjunjung tinggi kebersamaan dalam hal pemberian pelayanan dan pembinaan kepada seluruh penghuni rutan.

“Kalau untuk masalah pelayanan disini semuanya gratis dan tidak dipungut biaya apapun, hal ini saya lakukan semenjak saya bertugas dilapas ini,” ungkapnya.

Sedangkan terkait sarana kesehatan penghuni rutan, Iman mengungkapkan ketika baru pertama datang dirutan Sambas masih belum menmpunyai poliklinik, namun sekarang poliklinik sudah ada meski dengan ruangan yang seadanya.

“Peralatan kesehatannya saja yang  masih minim disini, untuk sementara kami masih bekerja sama dengan RSUD Sambas dan dinas kesehatan kabupaten Sambas,” ujarnya.

(Gindra/Faisal)

Related Posts