Narkoba Masuk Melalui Perbatasan, AM Nasir: Menjaga Perbatasan Merupakan Tantangan Berat

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Kasus penyalahgunaan Narkoba semakin merajalela. Berdasarkan langsiran Badan Narkotika Nasional (BNN) yang termuat di media elektronik terpaparkan peningkatan yang cukup tinggi pada anggka pengguna Narkoba, dari jumlah 4,2 juta pengguna pada Juni 2015 menjadi 5,9 Juta pengguna di November 2015.

Untuk menekan bertambahnya jumlah pengguna Narkoba ini, upaya pencegahan dan pemberantasan harus dimaksimalkan pemerintah, aparat penegak hukum dan bahkan masyarakat di seluruh daerah. Sebab pengaruh Narkoba tergolong sangat kuat, bahkan sudah masuk ke pelosok-pelosok negeri. Kabupaten Kapuas Hulu yang berada di ujung timur Kalimantan Barat pun tidak bisa lepas darinya.

Menurut Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir SH, daerah perbatasan memang memiliki tantangan yang berat. Bukan hanya sekedar harus menghadapi barang-barang ilegel seperti produk makanan, tetapi juga masalah penyelundupan Narkoba.

“Kita salah satu daerah yang berbatasan langsung dengan Malaysia, tentu menjadi tantangan berat. Kita harus mengawasi barang ilegal yang masuk dari Malaysia, terutama barang haram seperti Narkoba,” tegas Nasir, Kamis (24/11).

Menurutnya, pengawasan tersebut memerlukan tenaga ekstra karena masih ada jalur-jalur tidak resmi, di beberapa kecamatan. Masuknya barang-barang ilegal dan Narkoba, kata Nasir kemungkinan besar melewati jalur tikus tersebut.

“Dalam pengawasan perbatasan ini sebetulnya sudah ada instansi khusus yang memantaunya. Akan tetapi masyarakat dan pihak-pihak terkait juga harus mendukung pengawasan di lapangan, dengan pengawasan yang berlapis dan ketat tentu bisa mempersulit ruang gerak oknum tertentu untuk memasukan Narkoba,” ujarnya.

Disinggung penghargaan bagi pemberantasan narkoba, menurut Nasir hal tersebut sangat baik. Namun hal itu perlu pengkajian serta koordinasi lainnya, supaya tidak menyalahi aturan yang berlaku.

“Kalau ada sejenis penghargaan mungkin bisa menstimulais pemeberatasaan narkoba ini, sebagai bentuk dukungan dari Pemerintah terhadap pemberantasan narkoba,” tutupnya.

(Yohanes/Faisal)

Related Posts